Friday, June 12, 2009

Heli Puma TNI AU Jatuh (Lagi)



Bogor - Pesawat heli Puma H3306 milik TNI AU jatuh di kawasan Lanud Atang Sanjaya pada Jumat (12/6) sekitar pukul 14.00 WIB. Heli jatuh pada saat uji terbang (flight test) setelah fase perawatan.

Hingga kini sudah ada 2 Korban meninggal, keduanya tewas terbakar sesaat heli terhempas jatuh ketanah. Korban luka-luka lainnya kini dilarikan ke RS Atang Sanjaya.

Helikopter Puma milik AU ini dipastikan hancur total, "Pesawat total loss," kata seorang sumber detikcom.

Hingga pukul 15.13 WIB, kesibukan masih tampak di RS Atang Sanjaya yang terletak di depan kawasan Lanud Atang Sanjaya, Bogor. Lima korban langsung ditangani di UGD.

Belum diketahui siapa identitas dua korban tewas itu. Demikian juga dengan lima korban yang mengalami luka.

Satu Bulan Kehilangan 3 Pesawat

Jika dihitung selama 1 bulan, sudah 3 pesawat TNI mengalami kecelakaan. Berikut daftar kecelakaan pesawat TNI mulai dari Maret hingga Juni 2009:

12 Juni 2009.
Helikopter Puma milik TNI Angkatan Udara jatuh saat uji terbang usai perawatan di Lanud Atang Sanjaya, Bogor. 2 orang terbakar dan tewas di tempat. Tidak cuma itu, 5 orang lain yang ada di dalam penumpang mengalami luka yang sangat parah. Mereka kini dirawat di RS Atang Sanjaya.

08 Juni 2009. Heli TNI AD jenis Bolkow BO105 dengan no HS7112 yang jatuh di Kampung Cibuni, Rawa Beber, Pagelaran, Cianjur. Tiga awak dan penumpangnya, termasuk Kolonel Ricky Samuel, Komandan Pusat Pendidikan (Danpusdik) Kopassus tewas. Sedangkan 1 awak dan 1 penumpang lainnya mengalami luka.


Suasana evakuasi kecelakaan helikopter Super Puma di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jabar, Jumat (12/6).FOTO ANTARA/Jafkhairi/pd/09

20 Mei 2009. Pesawat Hercules C 130 i jatuh di Magetan, Jawa Timur. Lebih dari 90 orang tewas akibat peristiwa itu. Dalam tragedi Magetan itu, tidak hanya penumpang yang menjadi korban. Warga Magetan yang rumahnya tertimpa badan pesawat pun ikut menjadi korban. Data Departemen Kesehatan (Depkes) menyebut, 93 orang tewas dan belum semuanya teridentifikasi.

11 Mei 2009. Pesawat Hercules tergelincir di Bandara Wamena, Papua. Hercules yang mengangkut logistik Pemilu 2009 itu hanya tergelincir saat hendak mendarat. 3 Roda pesawat milik TNI AU itu rusak sedang 1 lainnya terpental hingga 1 km. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Beberapa penumpang hanya luka-luka.

6 April 2009.
Pesawat jenis Fokker menabrak hangar Lanud Hussein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. 18 personel pasukan khas (Paskhas) TNI AU dan 6 kru pesawat tewas.

Sebelum jatuh, pesawat tersebut menabrak hangar Lanud Hussein Sastranegara. Jatuhnya Fokker itu juga membuat beberapa pesawat yang sedang parkir di hangar rusak.

7 Maret 2009. Helikopter milik TNI AD mendarat darurat di tambak udang di Semarang Barat, Jawa Tengah. Pesawat berpenumpang 2 orang itu rusak berat. Beruntung dua penumpang selamat dan hanya luka-luka.

Sumber : DETIK

2 comments:

de Saprol said...

Nambahin infonya bro, kayaknye blum ada di list :

08 Juni 2009
Heli TNI AD jenis Bolkow BO105 dengan no HS7112 yang jatuh di Kampung Cibuni, Rawa Beber, Pagelaran, Cianjur. Tiga awak dan penumpangnya, termasuk Kolonel Ricky Samuel, Komandan Pusat Pendidikan (Danpusdik) Kopassus tewas. Sedangkan 1 awak dan 1 penumpang lainnya mengalami luka.

dsofandi said...

Terimakasih bro @de saprol atas koreksi dan masukannya. Artikel sdh saya revisi.

Regards, Admin.