Tuesday, February 12, 2008

TNI AU Akan Rampingkan Tipe Pesawatnya



Jakarta, Mabes TNI akan melakukan perampingan tipe pesawat mulai 2008 hingga 2019, dari 25 menjadi 18 tipe untuk menghemat biaya pemeliharaan dan perawatan mengingat terbatasnya anggaran yang dialokasikan pemerintah.

"Perampingan itu memang kebijakan kita hingga 2019, terkait kekuatan pokok minimum (minimum essential force)," kata Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Madya I Gusti Made Oka ketika dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Senin.

Perampingan tipe pesawat itu, tambah dia, dilakukan secara bertahap sesuai dengan kondisi kesiapan dari masing-masing alutisista (alat utama sistem senjata).

"Perampingan tidak serta merta dilakukan begitu saja. Contohnya, kita punya rencana meniadakan OV-10 Bronco, helikopter Twinpack, dan Hawk MK53. Itu tidak bisa dihilangkan begitu saja, ada beberapa pertimbangan yang diperlukan," ujarnya.

Selain OV-10F Bronco yang telah beroperasi lebih dari 30 tahun, ada C-212 Aviocar, F-27 Troopship, S-58T Twinpack dan Hawk MK53 serta C-130B yang akan di-round down sejalan umur pesawat itu sendiri.

Di sektor pesawat angkut kelas berat, TNI AU akan mengurangi jenis varian Hercules yang digunakan selama ini menjadi varian tipe B, untuk heli Super Puma L1 dan Puma akan dihilangkan dan digantikan perannya oleh Super Puma L2.

Sedangkan untuk pesawat tempur, tambah Oka, dengan 18 tipe pesawat serta penambahan F-16 dan Sukhoi Su-27/30 diharapkan biaya pemeliharaan dan perawatan bisa dihemat.

Sumber : ANTARA

Berita terkait lainnya :
TNI-AU Segera Bentuk Tim Evaluasi Alutsista

No comments: