Tuesday, February 12, 2008

WNI Jadi Paramiliter Malaysia


Askar Wataniah (milisi sipil) saat dilantik usai kursus kemiliteran oleh TDM. Saat ini militer Malaysia tengah gencar memberikan kursus kepada sipil untuk direkrut sebagai paramiliter, termasuk merekrut WNI di perbatasan.

Jakarta, Kompas - Ancaman di wilayah perbatasan Kalimantan Barat dengan Malaysia semakin serius. Selain terus meningkatkan kekuatan pasukan militernya, Malaysia juga merekrut pemuda-pemuda Indonesia untuk bergabung dalam pasukan paramiliter yang dinamakan Askar Wataniah.

Informasi itu terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi I DPR yang membidangi masalah pertahanan dengan Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo, Senin (11/2).

Ketua Kelompok Kerja Panitia Anggaran Komisi I Happy Bone Zulkarnaen mengangkat persoalan ini. Komisi I mendapatkan paparan tersebut dari Pangdam VI Tanjung Pura saat kunjungan kerja akhir tahun 2007 lalu.

”Kalau ada kontak fisik, kita akan membunuhi warga sendiri,” ucap Happy sembari menunjukkan foto-foto proses rekrutmen Askar Wataniah dan pelatihan tempur. Seragamnya pun mirip militer.

Malaysia juga menggeser sejumlah patok batas. Tim Kodim 0906/Tanjung Pura berhasil mengambil gambar patok-patok yang bergeser itu pada 30 Juni 2007. Pergeseran patok batas selama tahun 2007 tercatat dilakukan sebelas kali.

Selengkapnya>>

No comments: