Wednesday, June 08, 2011

TNI Kirim KRI Sultan Iskandar Muda-367 ke Lebanon


KRI Sultan Iskandar Muda-367

JAKARTA - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengatakan akan kembali mengirimkan kapal perangnya bergabung dalam Satuan Maritime Task Force PBB di Lebanon (UNIFIL).

"Sejak 2010, kita telah mengirimkan dua kapal perang bergabung dalam satuan tugas maritim ini, yakni KRI Diponegoro dan KRI Frans Kasiepo," katanya di seminar Hari Internasional Pasukan Penjaga Perdamaian PBB di Jakarta, Selasa (7/6).

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan, Brigadir Jenderal TNI I Gede Sumertha, Panglima TNI mengatakan kapal perang yang akan dikrim ke Lebanon adalah KRI Sultan Iskandar Muda-367. "Kapal akan diberangkatkan pada Agustus 2011," ujarnya.

Berdasarkan data PBB, Indonesia tercatat berada di urutan 17 sebagai negara dengan kontribusi pasukan paling banyak dalam operasi perdamaian PBB. Sampai April lalu tercatat total pasukan Indonesia yang bergabung di bawah komando PBB sebanyak 1.801 pasukan TNI dan polisi terdiri dari 1.772 personel laki-laki dan 29 personel perempuan.

Negara dengan kontribusi pasukan terbesar adalah Bangladesh dengan total pasukan di bawah komando penjaga perdamaian mencapai 10.589 pasukan. Menyusul di urutan kedua Pakistan dengan 10.581 pasukan dan India berada di urutan ketiga dengan kontribusi pasukan 8.442 personel.

Sumber : ANTARAthrow me!!

No comments: