Wednesday, November 12, 2008

Enam Kapal Patroli Diberangkatkan ke Ambalat

JAKARTA - Enam Kapal Republik Indonesia (KRI) dikerahkan ke blok Ambalat, Kalimantan Timur oleh TNI AL. Markas Besar TNI melalui Kepala Pusat Penerangan Marsekal Muda Sagom Tamboen menyatakan pengerahan tersebut hanya merupakan patroli rutin yang dilakukan oleh TNI dalam upaya menjaga kedaulatan negara.

"Itu adalah patroli rutin di daerah Amabalat. Pengerahan enam KRI ke sana karena wilayah yang diawaki tidak di satu titik. Ambalat kan luas," kata Sagom saat dihubungi Media Indonesia di Jakarta, Selasa (11/11).

Sagom melanjutkan jika di Ambalat ada pasukan Malaysia yang sedang patroli dikatakan memasuki teritori Indonesia ataupun sebaliknya, memang merupakan kejadian nyata di lapangan. Tapi, ia mengingatkan janganlah hal itu dikatakan sebagai ancaman.

"Ancaman memang selalu diantisipasi. Tapi, sepanjang yang saya tahu tidak ada ancaman yang dimaksud dengan musuh mau menyerang kita," lanjut Sagom.

Namun demikian, Sagom menegaskan pasukan TNI akan tetap mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga, jika ada pihak yang berniat untuk mencaplok wilayah, hal itu menjadi penanda terjadinya perang terhadap kedaulatan. (*/OL-02)

Sumber : MEDIA INDONESIA

No comments: