Thursday, July 02, 2009

Uji Coba Rudal RX-420


Roket RX-420

GARUT - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Kamis (2/7) pagi tadi sukses meluncurkan roket jenis RX-420 berdaya jangkau 389 Kilometer di Garut Jawa Barat. Roket eksperimental (RX) ini nantinya akan digunakan bagi kebutuhan militer untuk mengisi kesenjangan kebutuhan rudal setiap matra TNI. Uji coba kali ini dilakukan hanya berdaya jangkau 100 Kilometer, untuk mengukur tingkat kestabilan dan kecepatan rudal. Sebelumnya pada Desmber 2008 roket ini sukses melaukukan uji statik.

Riset dan penelitian roket ini dilakukan sejak tahun 2007 oleh Departemen Pertahanan, bekerja sama dengan LAPAN. Kedua Insitusi tersebut juga melakukan pengembangan roket kaliber 70 milimeter sebagai roket militer yang dilengkapi hulu ledak.

Dalam pengembangannya LAPAN juga bekerjasama dengan PT Pindad, dalam melakukan penelitian hulu ledak kaliber 70-122 milimeter. Langkah selanjutnya yang tengah di kembangkan adalah menempatkan pemandu pada badan roket menjadi rudal, diproyeksikan kedepannya Indonesia mampu memproduksi rudal ground-to-ground dan ground-to-air secara mandiri.

"Dephan juga melakukan penelitian tentang penguatan materi energi yang bersifat eksplosif dan propelan," kata Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono, beberapa waktu lalu.

Diliput Media Asing

Roket yang baru saja diluncur adalah kali ketiga, dimana sebelumnya diluncurkan tahun 2007 sebanyak 12 roket dengan jenis tipe RX-70 FFAR yang berdaya jangkau 50-75 km di Garut, Jawa Barat.

Berita tentang peluncuran roket itu sepi dari media massa nasional, tetapi ramai diberitakan media negera tetangga seperti The Straits Times (Singapura) dan The Sydney Morning Herald (Australia).

Indonesia memang jarang-jarang meluncurkan roket. Ini baru kedua kalinya. Juli 2007 lalu Indonesia juga pernah meluncurkan 12 roket untuk kepentingan militer dari Garut.

Kepala LAPAN Adi Sadewo Salatun mengatakan jangkauan 12 roket itu 50 kilometer, sementara roket yang baru saja jenis RX-420 diluncurkan sejauh 100 kilomureter.

Dari 12 roket yang diluncurkan tahun 2007 lalu, di antaranya untuk keperluan militer yakni roket tipe RX-70 FFAR yang berdaya jangkau 50-7,5 km. Artinya, jika ditembakan dari Batam,roket-roket itu bisa menjangkau Singapura.

Juru bicara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Elly Kuntjahyowati, mengungkapkan bahwa peluncuran roket rakitan pagi hari ini merupakan bagian dari ambisi LAPAN untuk meluncurkan satelit dengan roket produksi dalam negeri pada 2014.

LAPAN, menurut Elly, mengaku senang dengan suksesnya peluncuran roket itu. LAPAN pun berencana memadukan teknologi RX-420 itu dengan teknologi roket yang telah diujicoba tahun lalu untuk meluncurkan satelit pada 2014.

Sumber : VIVANEWS

1 comment:

agung said...

jgn berhenti sampai bisa bkn rudal sendiri