Wednesday, September 19, 2007

TNI AU Kalsel Siapkan 10 Hercules Angkutan Lebaran



Banjarmasin, TNI Angkatan Udara (TNI-AU)menyiapkan 10 pesawat Hercules untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pesawat menjelang hari raya Idul Fitri 1428 Hijiryah dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) ke berbagai tujuan.

Humas Posko Lanud Bandara Syamsudin Noor, Lettu Uji Siagani, Selasa, mengungkapkan, ke 10 pesawat Hercules tersebut akan mulai dioperasikan sejak H-7.

Ke-10 pesawat tersebut diantaranya yaitu pesawat jenis C-130 Hercules jenis pendek dengan kapasitas sekitar 150 orang dan jenis panjang yang mampu mengangkut sekitar 250-300 orang.

Selain itu, juga disiapkan pesawat jenis Boeing dengan fasilitas hampir sama dengan pesawat reguler seperti ber-AC, TV, dan dengan tempat duduk satu arah atau tidak berhadapan.

"Kalau pesawat hercules jenis di luar Boeing, duduknya saling berhadapan karena biasa digunakan untuk pesawat perang," katanya.

Ke 10 pesawat Hercules tersebut akan dioperasikan untuk daerah-daerah tujuan yang banyak peminatnya, yaitu Banjarmasin-Jakarta, Banjarmasin-Surabaya dan Banjarmasin-Yogya.

Mengenai tarif tiket dipastikan akan jauh lebih murah dibandingkan dengan penerbangan pesawat reguler seperti Lion Air maupun Garuda ke berbagai tujuan, kata Uji.

"Tarif tiket kita akan menyesuaikan, yang pasti akan lebih murah antara Rp200 ribu-Rp300 ribu per tiketnya, karena tujuan kita hanya ingin membantu masyarakat untuk mudik," katanya.

Untuk mendapatkan tiket pesawat Hercules tersebut, tambahnya, masyarakat cukup datang ke markas TNI-AU untuk mendaftar, dan melapor kembali pada saat akan berangkat sesuai jadwal yang ditentukan.

Mulai H-7 penerbangan pesawat Hercules akan dilakukan setiap hari, pulang-balik, sehingga seluruh masyarakat yang ingin mudik bisa terangkut.

"Kalau tahun dulu 10 pesawat yang kita siapkan selalu penuh, bahkan ada yang rela berdiri, asalkan bisa sampai tujuan," kata Uji Siagani.

Sumber : ANTARA

No comments: