Wednesday, July 04, 2007

Pesawat Siluman F-117A Mulai dipensiunkan

"Burung besi" berteknologi siluman (stealth) ini akhirnya di pensiunkan. Pesawat nyentrik yang pada awal pemunculannya di depan publik mendapat reaksi beragam salah satunya adalah gosip yg menyebutkan F-117A menjiplak rupa dan teknologi UFO yang menurut gosip juga, sudah ada di tangan pemerintah Amerika.

Gegap gempita kehadirannya utk pertama di medan laga melalui operasi "Just Cause" (penyerbuan ke Panama, 1989) menebarkan beraneka aroma prestasi tempur pada semua aksi yg melibatkan dirinya. Prestasi yang ditoreh meninggalkan bekas yang cukup dalam pada strategi pertempuran modern.

F-117A dengan segala kecanggihannya telah menjadi "trademark" bagi kemampuan pesawat tempur abad 21. Seperti burung Phoenix yang akan selalu ber-reinkarnasi setelah kematian, demikian halnya F-117A, dari dalam dirinya bermunculan generasi baru burung besi dengan kemampuan yang lebih mempesona sekaligus dalam rupa baru yg lebih mematikan.

Ya benar...F-22 Raptor akan menerima semua tugas yang selama ini di emban F-117A. Pesawat yang di isu-kan "tidak dapat di lumpuhkan oleh semua jenis sistem pertahanan udara" ini memiliki segala kemampuan yang tidak di miliki oleh Nighthawk. Seperti mengerti akan kondisi ini, Sang Siluman-pun mundur teratur memberikan kesempatan pada generasi yang lebih maju....
Farewell Night Goblin....We won't forget you

F-117A retirement bittersweet occasion

Video F-117 yang ditembak jatuh pasukan Serbia :

No comments: