Friday, July 06, 2007

Penampakan Mockup Pesawat Tempur Gen-5 Terbaru Russia


Sejak kemunculannya diberbagai thread militer, ada baiknya info ini disampaikan kebeberapa kalangan sebagai masukan.

Berdasarkan prediksi beberapa pihak, Russia tampaknya serius menggarap pesawat tempur generasi modern-nya. Berdasarkan rumor, Russia telah 60% merampungkan pengembangannya, terutama pesawat-pesawat gen-4 dan 5 sampai 2012 nanti.

Untuk riset dan pengembangannya tampaknya Russia coba melakukan kerjasama dalam hal pembiayaan dengan beberapa negara pelanggan alutsista buatannya. Sama halnya dengan proyek JSF-AS yang pembiayaannya dari hasil kolaborasi beberapa negara, sehingga biaya produksi dapat ditekan.

Seperti kita semua tahu, Russia merupakan produsen pesawat tempur terbaik. Model sederhana, mudah dioperasikan, formitable dan harganya lebih murah dibanding negara produsen lainnya.

China mungkin saja ikut dalam R&D pesawat gen-5 russia ini, namun program J-10 yang tengah berjalan tidak memungkinkan terwujud. hanya India satu-satunya negara potensial yang bisa diajak kerjasama.

Bentuk dan penempatan mesinnya memang agak mirip F-22 Raptor, namun ini belum final perbaikan dan perubahan masih dilakukan dibeberapa bagian. Hal ini tidak lepas dari pengalaman Russia mendevelop sebuah pesawat hingga mendapatkan bentuk yang lebih baik dan sempurna, seperti pengalamannya meng-kustom Su-27, Su-30 and Su-37.

Russia berharap penempur siluman ini berdaya jelajah super dengan persenjataan yang canggih, selain itu bomb-bay mengadopsi langsung dari Su-37.

Sumber : ATS

MIG 1.42/1.44 5th generation Russian fighter Jet video :

No comments: