Friday, April 06, 2012

PT Pindad Siap Bangun MBT

JAKARTA - Kepala Divisi Persenjataan PT Pindad, Ade Bagja, menyatakan dukungannya terhadap rencana pemerintah melalui Kementerian Pertahanan membeli 100 tank Leopard dari Pemerintah Belanda.

Namun, jelas Ade, Pindad juga sanggup apabila nantinya diinstruksikan memproduksi alutsista kesenjataan jenis tank tempur utama (Main Battle Tank) tersebut. ”Apakah sanggup buat Leopard? maka jawabannya harus karena itu tantangan dan kami harus menjawab tantangan tersebut,” ujar Ade di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (5/4).

Keyakinan itu menurut Ade, berkaca dari keberhasilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang industri pertahanan itu memproduksi kendaraan lapis baja periode 2003-2004 lalu. Ade menyatakan, saat itu banyak yang meragukan kemampuan Pindad membuat kendaraan lapis baja. ”Banyak yang bilang dari sisi teknologi sumberdaya manusia, kami tak bisa memproduksi kendaraan lapis baja. Tapi nyatanya dengan kerja keras dan kerja cerdas, kami membuktikan bahwa kami bisa,” katanya.

Ade menilai, rencana pembelian 100 tank Leopard sesuai dengan kebutuhan peralatan pertahanan nasional saat ini. ”Setiap peralatan pertahanan itu ada peruntukannya. Jadi kenapa harus tank Leopard? Pasti hal itu sudah melewati pertimbangan matang sesuai kebutuhan saat ini,” katanya.

Kementerian Pertahanan telah mengganggarkan dana hingga US$280 juta untuk pembelian tank Leopard buatan Jerman yang digunakan militer Belanda. Anggaran pembelian diambil dari alokasi dana bidang pertahanan tahun anggaran 2010-2014.

Namun parlemen Belanda sampai saat ini masih belum menyetujui niat Pemerintah Indonesia yang ingin membeli 100 tank Leopard. Ini lantaran parlemen Negeri Kincir Angin itu khawatir Leopard nantinya akan digunakan dalam aktivitas militer yang berpotensi menyebabkan terjadinya pelanggaran HAM.

Sumber : JURNAS.COM

4 comments:

dens said...

Tenggat waktu maret sudah selesai, tidal perlu lagi tunggu belanda. Lanjutkan ke jerman langsung, leopard 2A7+ jelas lebih baik...:-)

bayurk97 said...

Saya setuju tuh. Sekalian beli leopard 2A7+ supaya bisa mendahului tank MBT-nya singapura(leopard 2SG) sama malaysia(PT-91M)

Anonymous said...

setuju banget tch utk beli MBT Leopard A7+ biar lebih canggih dr yg sblumnya slnjutnya PT.Pindad pelajari teknologinya dan kembangkan MBT di dalama negeri,,sy yakin bisa,,jaya lah Indonesiaku

Anonymous said...

pasti bisa :)
kalo soal A7+ gw sih blom yakin bisa di ToT. di karenakan ini versi terakhir mereka punya. mereka pasti cuman bersedia ToT untuk product2 lama mereka punya (setidaknya kalo gw yg punya usaha sih gw akan perlakukan gitu :D )
anyway, kita jangan lupa jg atas kesiapan negara2 tetangga kita. mereka jg udah punya puluhan (if not ratusan) MBT, pasukan yg bawa senjata anti tank juga harus di siap siagakan. kalo bisa 1 : 10.

delta76