Thursday, February 16, 2012

KCR KRI Kujang-642 Diluncurkan


(Foto: Dispenal Kasubdispenum)

BATAM – Setelah sukses meluncurkan kapal perang jenis Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Clurit-641 pada April 2011 lalu, PT. Palindo Marine kembali meluncurkan kapal sejenis yang diberi nama KRI Kujang-642 pada Kamis (16/2), di Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau.

Menurut Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yosgiantoro, yang secara langsung hadir pada peluncuran KRI Kujang-642, peristiwa ini harus dilihat sebagai salah satu langkah bagi kebangkitan industri dalam negeri guna menuju kemadirian karena kapal kedua ini dihasilkan oleh anak bangsa.

KCR merupakan kapal pemukul reaksi cepat yang telah dilengkapi dengan Rudal anti kapal C-705, dimana dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat. Kapal berukuran panjang 43 meter, lebar 7,40 meter, dan berat 250 ton ini memiliki sistem pendorong handal yang mampu berlayar dan bermanuver dengan kecepatan 27 knot.

Kelebihan lain kapal perang ini dilengkapi dengan sistem kontrol persenjataan canggih berupa Sensor Weapon Control (Sewaco), yang mampu mengintregasikan meriam caliber 30 mm 6 laras sebagai Close in Weapon System (CIWS), dan meriam anjungan 2 unit caliber 20 mm.

Selain Menhan RI, turut hadir dalam kesempatan tersebut Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Soeparno, Rombongan Komisi I DPR RI, Gubernur KDH Tingkat I Kepulauan Riau dan jajarannya, Direktur PT. Palindo Marine, serta pejabat militer dan sipil lainnya.

Sumber : POSKOTANEWS.COM

1 comment:

Anonymous said...

Korvet nasional & kapal induk helicopter gmn kbr nya ?
Apa itu cuma wacana aja . . .