Tuesday, January 24, 2012

KSAD : Kami Tidak Mengemis Kepada Belanda!

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Pramono Edhie Wibowo, menyatakan saat ini pemerintah masih dalam tahap negosiasi dengan pemerintah Belanda untuk membeli 100 tank Leopard 2 miliknya.

"Kami sedang nego harga. Jadi, kata putus dan harga pasti belum ada keputusan," katanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1).

Menurut Pramono, saat ini pemerintah dalam kondisi terjepit untuk membeli Tank Leopard tersebut. Karena mendapat tekanan dari parlemen Indonesia dan parlemen Belanda. "Parlemen Belanda menolak. Parlemen Indonesia menanyakan. Sebetulnya kami ini posisinya sulit," ujarnya.

Meski demikian, Pramono menegaskan tidak akan mengemis kepada pemerintah Belanda jika pembelian tank itu ditolak. "Andai Belanda tidak menjual maka kami tidak akan mengemis," ujarnya.

Ditolak Parlemen

Diberitakan sebelumnya, Parlemen Belanda (Tweede Kamer) menolak permintaan Kementerian Pertahanan Belanda untuk menjual tank Leopard ke Indonesia. Dalam mosi penolakan parlemen, mereka mengatakan tidak ingin terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang kerap terjadi di Indonesia.


Tank Leopard 2A6 AD Belanda. (Foto: FLICKR.COM)

Seperti diberitakan Radio Nederland Siaran Indonesia, pertengahan Desember lalu, mosi penolakan awalnya diajukan oleh Partai Kiri Hijau (Groenlinks). Dari seluruh anggota parlemen, hanya dua partai yang mendukung, yaitu partai CDA (Kristen Demokrat) dan VVD (Liberal Konservatif).

Pramono kembali menegaskan pentingnya Indonesia membeli Tank Leopard 2 ini. Menurutnya, Leopard 2 memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan tank yang dimiliki negara tetangga. "Kami pada dasarnya ingin membangun kekuatan. Malaysia sudah punya lama, tapi kita masih baru mau beli. Yang tidak punya Timor Leste, Papua Nugini," ujarnya.

Sumber : VIVANEWS.COM

4 comments:

aAa said...

belanda menolak!!! kita beli langsung ke jerman.. toh kita ada dana untuk itu, justru kita menolong mereka mengurangi krisis di negaranya.

pendekar said...

Negara kita butuh pertahanan yg kuat salah satunya yaitu tank berat atau main battle tank krn tank2 kita sudah ketinggalan, singapore punya 96 tank leopard, malaysia punya 49 tank t72 buatan rusia, indonesia hrs membeli 100 tank leopard utk memulihkan harga diri bangsa, tank leopard merupakan tank terbaik di dunia

dens said...

T90 aja... Rusia udah janji tdk akan mencampuri indonesia, tidak mengembargo, cuma kalau mau TOT musti loby2 lg ama mrk..

Anonymous said...

Parlemen belanda menolak alasan HAM.. Huuuhhhhfff Belanda ngejajah Indonesia dan memperlakukan rakyat indonesia semena-mena itu bukan nya pelanggaran HAM.. NGACA DONG.. Kalo ngomong coba mikir dulu yach.. Dah buat sendiri aja pak, sya yakin kta pasti bisa.. Bravo TNI..