Monday, May 02, 2011

Pasukan TNI Tewaskan 4 Perompak Somalia Usai Pelepasan Sandera


Kapal cepat Sea rider

JAKARTA - Pasukan khusus TNI menembak mati 4 perompak Somalia dalam drama pengejaran usai pembebasan awak beserta kapal MV Sinar Kudus pada Minggu (1/5) malam di laut lepas.

"Peristiwanya setelah para sandera dibebaskan. Para perompak tidak semua meninggalkan kapal MV Kudus. Jumlahnya ada 35 perompak di dalam kapal itu. Di titik A mereka turun sedikit, di titik B mereka turun sedikit, di titik C turun lagi, begitu seterusnya. Mereka lakukan secara sistematis" ujar Kapuspen TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul kepada detikcom, Senin (2/5).

Menurut Iskandar hal itu merupakan strategi perompak. Perompak masih mengawal kapal hingga ke laut lepas. Saat rombongan perompak terakhir turun dari kapal menggunakan perahu kayu, pasukan elite TNI langsung mengejar. Hal ini mereka lakukan setelah dipastikan seluruh sandera berada dalam keadaan aman.

"Kita kejar dengan sea rider dan helikopter yang bertugas sebagai pemantau. 4 Orang itu kita terkejar," jelas Iskandar.

Di laut lepas, terjadi tembak menembak antara pasukan elite TNI dengan perompak Somalia. Suasana cukup menegangkan saat itu. Akhirnya, 4 perompak tewas, sementara seluruh personel TNI yang mengejar tidak ada yang terluka.

"Operasi itu dilakukan personel pasukan gabungan TNI, Kopassus Marinir dan Kostrad," kata dia. Selanjutnya TNI mengawal kapal MV Sinar Kudus hingga pelabuhan Wa Salala, Oman. Dan selanjutnya kapal akan melakukan pengecekan dan melanjutkan perjalanan ke Rotterdam, Belanda.

MV Sinar Kudus milik PT Samudera Indonesia Tbk dibebaskan oleh perompak pada Minggu siang. Ketika BUMN itu menggelar jumpa pers bersama TNI pada Minggu petang di Jakarta, baku tembak tersebut belum terjadi. Baru pada pagi ini, TNI bicara pada pers.

Sumber : DETIKNEWS.COM

No comments: