Saturday, April 30, 2011

Mabes TNI AU Tandatangani Letter of Credit Pembelian 16 Super Tucano

MALANG - Sebanyak 16 pesawat tempur jenis Super Tucano EMB-314 buatan Brasil rencananya tiba pada 2012 untuk melengkapi alutista TNI-AU. Hal itu dikatakan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Imam Syufaat, saat kunjungan kerja ke Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdurachman Saleh, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (29/4).

Kepastian datangnya pesawat diketahui setelah pihak Markas Besar TNI AU melakukan tanda tangan Letter of Credit untuk pembelian total 16 unit pesawat. "Penanda tanganan LoC itu, termasuk masa pelatihan bagi mekanik dan penerbang kita," katanya.

Ia menjelaskan, kedatangan pesawat Super Tucano akan dilakukan secara bertahap dimulai awal 2012. "Nilai kontrak pembeliannya sekitar 260 juta dolar AS dan saat ini tugas kita adalah mempersiapkan sarana dan prasarana, termasuk fasilitas bangunan seperti shelter, hanggar dan ruangan kantor," katanya.


KSAU, Marsekal Imam Syufaat, saat kunjungan kerja ke Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdurachman Saleh

Pesawat itu memiliki kemampuan yang paling unggul dibandingkan dengan pesawat sejenis lainnya. "Amerika saja memilih Super Tucano untuk memperkuat kekuatan udaranya, namun saat ini masih terkendala kebijakan politik negara tersebut," katanya.

Pemesanan pesawat ini dilakukan untuk mengganti pesawat jenis OV-10F Bronco yang pernah dimiliki Indonesia sebelum dinyatakan grounded pada tahun 2007.

"Rencananya, pesawat Super Tucano akan digunakan misi operasi taktis dalam membantu pasukan di darat, sebab pesawat ini memiliki keunggulan close air support udara ke darat dari jarak dekat," katanya.

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: