Thursday, January 13, 2011

Litbang AU Ujicoba Parasut Personel MC1-1C

KALIJATI - Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AU (Dislitbangau) melaksanakan pengujian pada 8 Payung Udara Orang (PUO) baru tipe MC1-1C produksi JM Korea dan Aerodyne Amerika Serikat yang akan digunakan TNI AU di landasan Lanud Suryadarma, Kalijati, Rabu (12/1).

Kegiatan dinamakan uji dinamis melibatkan Pesawat Herkules Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdana Kusuma selama dua hari, Selasa dan Rabu 11-12 Januari 2011 untuk menerjunkan 2 dummy (beban barang), setelah dinyatakan layak pada round berikutnya dua personel Prajurit Paskhas juga diterjunkan menggunakan MC1-1C. Hari kedua round pertama diterjunkan 2 dummy dan round kedua 2 personel Paskhas juga diterjunkan memakai senjata.



Menurut Letkol Tek Surip Suparjo selaku Kepala Pelaksana Kegiatan yang menjabat Kepala Sub Dinas Material Khusus Dislitbangau tujuan uji dinamis adalah mengetahui secara nyata kualitas dan performance parasut PUO baru tipe MC1-1C di lapangan setelah sebelumnya melalui uji laboratorium dan uji statis di Dislitbangau dan Balai Besar Tekstil Bandung.

Uji laboraturium meliputi kuat sobek kanopi, kuat tarik tali parasut, tali kemudi, kuat tarik jahitan antar gore dan antar seksi dan aspek lainnya. Dari uji laboratorium dengan cara merusak parasut didapat hasil kedua tipe PUO tersebut mampu menahan beban minimal yang dipersyaratkan sehingga memenuhi syarat untuk digunakan.

Sumber : DISPENAU

No comments: