Thursday, August 26, 2010

Tiga Kepala Staf TNI Menerima Brevet Hiu Kencana

BANTEN - Tiga Kepala Staf Angkatan di jajaran TNI yakni Kasad Jenderal TNI George Toisutta, Kasal Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. dan Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat SIP menerima brevet Hiu Kencana dan resmi menjadi warga kehormatan kapal selam TNI AL.

Penyematan brevet tersebut dilaksanakan di dalam kapal selam KRI Cakra-401 yang menyelam di kedalaman sekitar 25 meter di bawah permukaan laut di perairan Selat Sunda oleh Komandan Satuan Kapal Selam Koarmatim Kolonel Laut (P) Muhammad Ali, Kamis (26/8) sekitar pukul 14.00 WIB.

Penyematan brevet Hiu Kencana dimaksudkan sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada ketiga Kepala Staf Angkatan yang selama ini telah membina dan menjalin hubungan baik dengan TNI Angkatan Laut.

Brevet Hiu Kencana bukan sekedar brevet yang melekat di dada kanan setiap prajurit TNI AL pengawak kapal selam, melainkan kebanggaan dan semangat juang pantang menyerah serta dedikasi untuk selalu mengabdi kepada Negara. Brevet Hiu Kencana juga diberikan kepada orang-orang terpilih untuk diangkat sebagai warga Kehormatan Kapal Selam berdasarkan atas jasa-jasanya yang telah mendukung terhadap pembinaan kapal selam sebagai salah satu senjata strategis Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Warga Kehormatan Kapal Selam hingga saat ini telah mencapai sebanyak 113, pejabat pertama yang disematkan brevet Hiu Kencana adalah Jenderal Besar TNI (Purn) AH Nasution yang disematkan pada tanggal 21 Desember 1959 di Teluk Jakarta dengan kapal selam KRI Nanggala-402.

Sumber : DISPENAL

No comments: