Friday, June 11, 2010

Marinir TNI AL Kembali Gelar Latihan dengan USMC

JAKARTA - Korps Marinir TNI Angkatan Laut dan Korps Marinir Amerika (United States Marine Corps –USMC) akan menggelar latihan bersama yang bersandi “Indusa Marex 10-1” (Indonesia-USA Marine Exercise) pada 19 hingga 27 Juni mendatang.

Hal ini diungkapkan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) M. Alfan Baharudin saat memimpin rapat staf terkait kegiatan latihan dan operasi Korps Marinir 2010, Rabu (9/6) di ruang rapat Agoes Soebekti, Markas Komando Korps Marinir, Jakarta.

Latma Indusa Marex, kata Dankormar, akan dilaksanakan di beberapa tempat terpisah di Situbondo, Jawa Timur. “Untuk latihan pendaratan akan dilaksanakan di Pantai Banongan, Bakti Sosial di Banyuputih, Pertempuran Dalam Kota di Karang Lo, Taktik dan Teknik Operasi Darat di Karang Tekok dan Survival di kawasan hutan Selogiri, Jawa Timur” kata orang nomor satu di jajaran Korps Baret Ungu itu.

Selain rencana latihan bersama, rapat yang dihadiri para pejabat teras Korps Marinir juga membahas dua kegiatan penting lainnya yakni pelaksanaan lomba Pembinaan Satuan (Binsat) Korps Marinir 2010 dan Latihan Pemantapan Terpadu (Lattapdu) Brigif-3 Marinir.



Untuk Lomba Binsat yang menurut rencana dilaksanakan pada 19 hingga 25 Juli 2010 mendatang akan mempertandingkan sejumlah materi lomba yang berguna bagi peningkatan profesionalisme prajurit Korps Marinir yakni Speed March (Cianjur), Renang Laut (Ancol), Cross Country (Cilandak), Menembak Senapan (Cilandak) dan Halang Rintang yang juga dilaksanakan di Cilandak, Jakarta Selatan.

Khusus untuk Lattapdu Brigif-3 Marinir, demikian lanjut Dankormar, digelar sebagai ajang peningkatan naluri tempur prajurit Brigif-3 Marinir khususnya prajurit Yonif-8 Marinir dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I Belawan.

Untuk materi Lattapdu tidak berbeda jauh dari Lattapdu yang sudah dilaksanakan di wilayah barat, Lampung maupun wilayah timur, Surabaya. Materinya antara lain Tahap 1 Dasar, Tahap 2 Gunung Hutan dan Tahap 3 Manuver Serangan Tingkat Batalyon. Lattapdu direncanakan pada 17 Juni 2010 mendatang dan dilaksanakan selama 17 hari.

Sumber : KORMAR

No comments: