Friday, June 11, 2010

Uji Tembak Rudal Hanud QW-3 di Pacitan

PACITAN - Uji tembak peluru kendali (rudal) QW-3 dilaksanakan di lapangan tembak depohar 60, desa gesingan, pantai selatan kabupaten pacitan, Kamis (10/06) disaksikan oleh para pejabat TNI AU, Dephan, dan Mabes TNI.

Kegiatan uji tembak tersebut berjalan cukup lancar dengan keberhasilan rudal mengenai target drone secara tepat. Uji tembak rudal QW-3 dengan sasaran target drone ini dimaksudkan sebagai realisasi dari kegiatan penerimaan barang kontrak dengan tujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana berfungsinya sistem kerja material QW-3 tersebut dan layak digunakan sebagai salah satu alutsista AU.

Dan yang terpenting dari uji tembak ini dapat memberikan masukan bagi pimpinan AU dalam menentukan kebijakan selanjutnya.



Rudal qw-3 yang berbobot 16 kg ini mempunyai panjang 1,5 meter dan merupakan salah satu jenis rudal hanud (pertahanan udara) generasi baru yg menggunakan sistem manpad/ rudal panggul. memiliki kemampuan anti jamming dan menghindar flare.

Sementara sasaran tembak berupa pesawat target drone adalah pesawat model tipe S-70 berkemampuan terbang radius 30 km dikendalikan oleh ground station berbobot 55 kg diluncurkan dengan menggunakan daya dorong catapult yang berada pada bagian bawah fuselage dilengkapi juga dengan GPS sehingga setiap manuver pesawat dapat termonitor pada layar komputer pada ground station.

Sumber : DISPENAU

No comments: