Thursday, March 18, 2010

Polandia Tawarkan S-70i Black Hawk


S-70i Black Hawk buatan PZL Mielec. (FOTO : www.hej.mielec.pl)

JAKARTA - Dubes RI di Warsawa Hazairin Pohan, Rabu (17/3), mengatakan dirinya diundang pada acara peluncuran produk perdana helikopter Black Hawk tipe S-70i di Pabrik PZL Mielec (milik Sikorsky Aircraft Corp.),Mielec, Polandia. Pohan mengatakan Polandia tertarik menawarkan heli tersebut nantinya kepada TNI.

Pimpinan Sikorsky Aircraft Corp Bob Kokorda dan Presiden PZL Mielec Janusz Zakrecki saat itu menyatakan produk helikopter tangguh tersebut merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Eropa sehingga mampu menghasilkan varian internasional terbaru dari jenis helikopter blackhawk.

"Dalam waktu tiga tahun, kemitraan kami telah berhasil membangun helikopter terbaik di dunia dalam kelasnya, dan karena itu kami optimis akan mampu memenuhi permintaan pasar," kata Kokorda.

Helikopter 'multipurpose' Black Hawk tipe S-70i tersebut merupakan produk pertama di Eropa dan telah terbukti di medan pertempuran dan juga sebagai sarana angkut pasukan, SAR, pemadam kebakaran, maupun transportasi VIP.

PZL Mielec merupakan pabrikan pesawat angkut skytruck dimana sebanyak empat unit kini dimiliki Polri. Perusahaan ini tiga tahun lalu dibeli oleh perusahaan AS, Sikorsky Aircraft Corp.

Menurut penjelasan pejabat PZL Mielec, pabrik tersebut akan memulai produksi massal helikopter Black Hawk tipe S-70i pada tahun 2012 dengan kapasitas 20 unit per tahun untuk dipasarkan secara internasional.

"Kami tertarik dengan pasar di Indonesia dan menawarkan produk baru Black Hawk tipe S-70i untuk memperkuat kebutuhan helikopter TNI serta berbagai keperluan dan medan tugas lainnya," demikian pernyataan Presiden PZL Mielec Janusz Zakrecki kepada Dubes Hazairin Pohan, seusai acara peluncuran perdana.

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: