Thursday, February 18, 2010

RI-Malaysia Rundingkan Perbatasan

KUALA LUMPUR - Pemerintah Indonesia dan Malaysia menggelar Sidang ke-38 General Border Committee Malaysia-Indonesia (GBC Malindo) untuk membahas kembali masalah perbatasan darat kedua negara, di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (18/2).

"Sidang ke-38 secara umum akan mengevaluasi kerja sama kedua negara dalam menangani wilayah perbatasan RI-Malaysia selama ini," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro kepada ANTARA News menyangkut sidang yang dibuka Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Ahmad Zahid Bin Hamidi itu.

Pada sidang sebelumnya, kedua negara membahas dua hal pokok dalam penanganan perbatasan baik melalui gelar operasi maupun non operasi.

Indonesia kala itu memandang perlu kedua negara untuk terus mengevaluasi sistem pengawasan perbatasan yang telah berjalan dan meningkatkan kinerja serta merumuskan bentuk-bentuk kegiatan baru guna menangani permasalahan-permasalahan yang timbul.

Indonesia berharap kerjasama bidang sosial ekonomi yang sudah berjalan selama ini, dapat ditingkatkan dan difokuskan guna meningkatkan kondisi sosial ekonomi masyarakat perbatasan sehingga mewujudkan kemandirian dan mendukung keberhasilan kerjasama Malindo secara keseluruhan.

Sumber : ANTARA

No comments: