Friday, February 19, 2010

Indonesia - Malaysia Akan Latihan Bersama

KUALA LUMPUR - Indonesia dan Malaysia sepakat untuk mengadakan Latihan Gabungan Bersama "Darsasa-07 AB" pada 25 Maret-10 April 2010 di Malaka, Malaysia.

"Selain latihan gabungan bersama, kami sepakat untuk menambah pos gabungan tambahan yang menempatkan tentara kedua negara di Kalimantan Barat. Saat ini, sudah ada lima pos gabungan di mana kedua tentara Indonesia-Malaysia bersama-sama menempati pos itu dan melakukan operasi penjagaan bersama," kata Menteri Pertahanan (Menhan) RI Purnomo Yusgiantoro dalam jumpa pers bersama Menhan Malaysia Zahid A Hamidi di Kuala Lumpur, Kamis (18/2).

Latgabma Darsasa-07 AB itu dilaksanakan untuk melawan aksi-aksi teroris sebagai salah satu hasil nyata dari perundingan perbatasan General Border Committee (GBC) Malaysia-Indonesia (Malindo) ke-38 di Kuala Lumpur, 15-18 Februari 2010.

Sedangkan lima pos gabungan yang saat ini telah digunakan untuk operasi penjagaan bersama yakni di Entikong, Kalimantan Barat, Simanggaris di Kalimantan Timur, Biawak dan Lubuk Antu di Sarawak dan Seliku di Sabah.

Menurut Purnomo, letak pos gabungan tambahan akan dirundingkan lagi pada pertemuan tingkat pejabat senior kedua negara nanti.

"Dalam pertemuan GBC ini bukan saja membahas masalah keamanan di perbatasan tapi juga membahas peningkatan kesejahteraan sosial-ekonomi di perbatasan sebagai bagian upaya keterlibatan masyarakat perbatasan dalam mencegah kejahatan di daerah perbatasan," kata Purnomo usai perundingan GBC Malindo ke-38.

Perundingan tersebut juga membahas mengenai revisi perjanjian perdagangan lintas batas (Border Trade Agreement/BTA) tahun 1970 guna menyesuaikan perkembangan perdagangan lintas batas yang semakin maju. Revisi BTA itu kini masih dalam tahap penyelesaian di antara kedua menteri perdagangan Indonesia-Malaysia.

Sumber : DEPHAN.GO.ID

1 comment:

sulis said...

sudahlah pak ngapain kita latihan dengan negara yang jelas2 tak menghargai kita ato malah nak musuhi kita. jayalah selalu indonesiakoe :) :):0,,,, merdeka