Monday, January 25, 2010

TNI AU Positif Beli Satu Skuadron Tucano

YOGYAKARTA - KSAU Marsekal Madya TNI Imam Sufaat mengatakan, tahun ini TNI AU akan membeli pesawat EMB-314 Super Tucano dari Brasil untuk menggantikan pesawat OV-10 Bronco yang sudah di grounded.

"Kami berencana membeli 16 pesawat "Super Tucano" atau satu skuadron. Kami telah mengajukan anggaran pembelian pesawat tersebut kepada pemerintah, mudah-mudahan disetujui," katanya di Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta, Sabtu (23/1).

Seusai memimpin upacara serah terima jabatan Gubernur AAU dari Marsekal Muda (Marsda) TNI BS Silaen kepada Marsekal Pertama TNI Sru Artjarjo Andreas, ia mengatakan, pengadaan pesawat Tucano tersebut merupakan program prioritas TNI AU pada tahun ini.

"Program itu sebagai upaya memperbarui alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AU, khususnya pesawat tempur, dan menambah kekuatan dirgantara Indonesia," katanya.

Selain membeli pesawat tempur Super Tucano dari Embraer Brasil, dia juga mengatakan bahwa TNI AU tahun ini juga akan kedatangan tiga pesawat tempur Sukhoi Su-27SKM dari Rusia.

"Ketiga pesawat Sukhoi itu diharapkan tiba di Indonesia sebelum Oktober 2010. Dengan tambahan pesawat itu, TNI AU genap memiliki 10 pesawat tempur Sukhoi," katanya.

Sumber : KOMPAS

No comments: