Wednesday, August 12, 2009

Beberap Kapal Perang Mulai Memasuki Perairan Sulawesi Utara


Kapal perang Thailand Phuttaloetia Naphalai tiba di Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara.

MANADO - "Beberapa kapal perang dilaporkan sudah memasuki perairan Sulut untuk meramaikan event Sail Bunaken," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sulut, Roy Tumiwa, di Manado, Rabu (12/8).

Beberapa kapal perang yang mendekati perairan Sulut diantaranya dari Inggris, dengan jenis HMS Echo H87, kemudian dua kapal dari Malaysia, KD kedah 171 dan KD Tunas Samudera. Kemudian ada juga kapal perang dari Filipina telah bergerak menuju lokasi Sail Bunaken di Teluk Manado dan Pelabuhan Bitung.

Sebelumnya, satu buah kapal perang dari Thailand sudah berada di Pelabuhan Bitung sejak 11 Agustus 2009, dalam rangka mengikuti Openship Sail Bunaken, yang akan disaksikan langsung Menteri Kelautan dan Perikanan dan jajaran TNI Angkatan Laut.

Kemudian 70 yacht telah berada di Pelabuhan Bitung sejak 11 Agustus 2009 guna meramaikan Sail Bunaken dengan agenda utama Sailing dan Flying pass, yang akan disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, 19 Agustus 2009.

Dalam Sail Bunaken akan ada parade kapal perang terbaik se-dunia (fleet review), lintas layar (sail pass), tall ship (kapal layar tiang tinggi), yacht rally Darwin (Australia) ke Manado, lintas terbang (fly pass), kirab kota, dan bakti sosial.

"Salah satu kapal induk nuklir milik Amerika Serikat, USS George Washington di jadwalkan juga akan tiba di Manado," katanya.

Sumber : ANTARA

No comments: