Wednesday, July 29, 2009

KSAU : Kesiapan Pesawat Naik 15 Persen

YOGYAKARTA - TNI AU menargetkan kenaikan rata-rata kesiapan pesawat sekitar 10 hingga 15 persen, dengan kenaikan anggaran pertahanan pada APBN 2010 sebesar Rp.7 triliun.

"Kami masih fokus pada kenaikan anggaran untuk pemeliharaan dan pembelian suku cadang, yang pada tahun anggaran sebelumnya tidak bisa terbeli, hingga dapat menaikkan kesiapan pesawat kita," ujar KSAU Marsekal TNI Subandrio di sela-sela acara peringatan Hari Bakti ke-62 TNI AU di Yogyakarta, Rabu (29/7).

Pada APBN 2010 ,Pemerintah berencana menganggarkan kenaikan anggaran pertahanan sebesar 20 persen, dari jumlah itu TNI AU mendapat alokasi sekitar Rp.1,2 triliun.

"Nah dana itu yang akan kita fokuskan untuk pemeliharaan dan pembelian suku cadang.Prioritas memang pada pesawat angkut tanpa mengabaikan kenaikan kesiapan pesawat tempur dan helikopter," tutur Subandrio.

Dengan demikian, maka kenaikan anggaran meningkatkan kesiapan pesawat secara total hingga 50 persen.

Tentang pengadaan pesawat pengganti OV-10 Bronco, KSAU, mengatakan, TNI AU berharap dapat segera direalisasikan. "Semua masih di Departemen Pertahanan, tergantung keputusan mereka dan Departemen Keuangan Kami sih maunya segera," tuturnya.

Mengenai pengganti Hawk MK-53, Subandrio mengatakan, akan segera diajukan setelah penggantian OV-10 Bronco direalisasikan. "Mungkin mulai 2013... itu pun belum bisa sekaligus tetapi bertahap," ujarnya.

Sumber : ANTARA

No comments: