Tuesday, May 26, 2009

Anggaran Perawatan Alutsista Tahun Depan Dinaikkan Rp 100 Milyar



JAKARTA - Anggaran perawatan alutista naik Rp100 miliar tahun depan. Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono menyatakan, pada tahun ini, anggaran alutista hanya mencapai Rp600 miliar. "Tahun depan, kami naikkan menjadi Rp700 miliar," jelasnya di Jakarta, Selasa (26/5).

Ia menyatakan, dirinya akan bertemu dengan Menteri Keuangan untuk membicarakan perkiraan kenaikan pada Selasa (2/6) depan. Anggaran ini mencakup pemeliharaan dan perawatan alutista. "Pertemuan dengan Menteri Keuangan untuk membicarakan perkiraan anggaran yang memadai," ungkapnya.

Diakuinya, kenaikan anggaran tersebut tidak untuk membeli peralatan baru. "Fokus pertemuan nanti mengenai anggaran pemeliharaan dan perawatan," ujarnya.

Anggaran itu mencakup perawatan untuk sembilan pesawat Hercules C-130 tipe B. Ini tipe yang sama dengan yang jatuh di Magetan beberapa waktu lalu.

Jenis pesawat tersebut masih mungkin untuk diremajakan. Menurutnya, pesawat ini memiliki populasi yang banyak dan suku cadangnya masih bisa didapatkan. "Dibandingkan dengan tipe Buffallo, tipe ini masih jauh memadai untuk diremajakan," jelasnya.

Saat ini, departemennya tengah meremajakan dua pesawat Hercules di Singapura. Rencananya, empat Hercules akan turut diremajakan pada tahun depan.

"Kami juga akan mengirimkan bintara teknisi untuk belajar di sana. Nanti, ilmunya bisa ditularkan di Bandung dan Malang," jelasnya.

Sumber : MEDIAINDONESIA.COM

No comments: