Monday, April 20, 2009

Panser VAB TNI di Lebanon Kurang Sukucadang


Panser VAB buatan Pindad

LEBANON - Komandan Force Head Quarter Support Unit Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB di Lebanon Selatan (FHQSU UNIFIL) Kolonel TNI Saud Tamba Tua, mengatakan, panser VAB yang digunakan TNI di Lebanon, memerlukan tambahan suku cadang.

Ditemui ANTARA usai memberikan paparan di hadapan Panglima Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) di Naquora, Sabtu (18/4), Kolonel Saud Tamba Tua mengungkapkan, untuk mendukung tugas pokok Kontingen Garuda (Konga) XXVI-A di Naquora, Lebanon, dilengkapi dengan tujuh unit panser VAB.

"Dari tujuh itu, ada beberapa yang memerlukan tambahan suku cadang. Ini penting, untuk memaksimalkan pelaksanaan tugas pokok menjaga keamanan dan pengamanan," ungkapnya.

Ia menambahkan, pengajuan tambahan suku cadang bagi panser VAB itu telah diajukan ke Mabes TNI sejak enam bulan silam.

Berbeda dengan kontingen TNI lain di Lebanon, maka tujuh unit panser VAB yang digunakan Konga XXVI-A adalah jenis panser lama.

"Ini masih asli buatan Renault, Perancis. Dari "`body" hingga mesin yang digunakan, bukan VAB baru yang diproduksi bersama PT Pindad dan Renault," ungkap salah seorang perwira TNI yang enggan disebut namannya.

Pada 2006, pemerintah Indonesia pernah membeli 32 panser VAB dari Renault Truck, Perancis untuk mendukung Konga XXIII-A di Lebanon Selatan.

Puluhan kendaraan lapis baja yang dibeli itu memiliki spesifikasi rangka tahun 1997 hingga 2000, tapi menggunakan komponen dan teknologi tercanggih.

Panser itu dibuat tiga jenis, yaitu jenis komando, angkut, dan ambulans yang dilengkapi dengan sistem integrated logistic support (ILS). Tidak hanya itu, TNI akan memperoleh 14 ILS tambahan dan tenaga teknis.

Selain itu, pemerintah juga memesan 150 unit panser sejenis dari PT Pindad yang bekerja sama dengan Renault Truck`s pada 2008 yang rencananya sebagian digunakan pula bagi kontingen TNI di Lebanon.

Sumber : ANTARA

2 comments:

- prastyuu - said...

Bung,bknx yg di gmbar itu panser Anoa buatan PINDAD y?

Anoa 6 roda,VAB 4 roda,Anoa mounted gun-nya di kiri,VAB di kanan,bknx gt?

CMIIW;

dsofandi said...

Bro @prastyuu, VAB sama artinya dng APC. Hanya beda penyebutan dlm bhs Prancis dan Inggris. APC pun ada yg menggunakan 4/6/8 roda. Regards.