Monday, April 13, 2009

KRI Frans Kaisiepo-368 Resmi Berlayar ke Indonesia


KRI Frans Kaisiepo-368 (Foto: AMBALAT)

BELANDA - Dubes RI untuk Belanda, JE Habibie di pelabuhan Vlissingen, Belanda, Sabtu (11/4), melepas KRI Frans Kaisiepo 368 berlayar menuju Indonesia dengan lama perjalanan sekitar 46 hari. KRI Frans Kaisiepo 368 dibuat di Belanda selama dua tahun lebih.

Kapal ini akan berlayar melalui Spanyol, Italia, Mesir, Jeddah (Arab Saudi). Di Jeddah, sejumlah ABK KRI Frans Kaisiepo akan mendarat selama empat hari untuk melakukan ibadah umrah. Setelah itu, mereka kembali melakukan perjalanan menuju India, Sabang, Jakarta dan Surabaya.

Dubes J.E Habibie berharap, kehadiran KRI ini, bisa semakin menambah kekuatan armada TNI AL karena telah dilengkapai fasilitas yang canggih.

Sementara Komandan Satgas Yekda Korvet, Kolonel Laut Widodo mengatakan, KRI Frans Kaisiepo ini, adalah kapal terakhir yang dibuat di Belanda dengan menggunakan alat teknologi canggih yang tak dimiliki negara lain. Ketiga kapal perang TNI AL yang sebelumnya dibuat di Belanda adalah KRI Diponegoro 365, Hasanuddin 366, Iskandar Muda 367 dan KRI Frans Kaiseipo 368.

Menurut Widodo, pembuatan keempat kapal ini merupakan program Departemen Pertahanan dan Keamanan yang dananya berasal dari hasil kredit ekspor. Pengerjaan keempat kapal itu, dilakukan Damen Schelde Naval Shipbuilding sejak 2004.

Sumber: MEDIAINDONESIA.COM

No comments: