Friday, February 20, 2009

TNI Masih Selidiki Insiden Sukhoi



JAKARTA - Mabes TNI hingga kini masih menyelidiki identitas pesawat atau pihak yang mengunci "misil" dua pesawat tempur jet Sukhoi SU-30 TNI Angkatan Udara (AU) saat menjalankan latihan rutin, Jumat (20/2).

"Kini insiden itu masih diselidiki pihak Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) II, yang jelas kita tidak main-main dengan insiden itu," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Marsekal Muda Sagom Tamboen ketika dikonfirmasi ANTARA News di Jakarta.

Karenanya, pihaknya belum bisa memastikan apakah pesawat Sukhoi SU-30MK2 milik TNI AU benar-benar dikunci misil pihak tidak dikenal ketika berlatih intersepsi udara di wilayah udara pesisir selatan Sulawesi Selatan.

Sagom menambahkan, hingga kini pihaknya tidak menerima permintaan izin melintas dari pesawat ataupun kapal asing yang ingin melintasi wilayah udara dan perairan Indonesia.

Sebelumnya, "Alarm missile lock" kedua pesawat berbunyi secara tiba-tiba, tetapi kedua pesawat canggih yang dibeli dari Rusia itu tidak bisa mengenali siapa pihak yang mengunci mereka dengan tembakan misil.

Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsekal Pertama Ida Bagus Putu Dunia, ketika dihubungi menjelaskan, di masing-masing pesawat yang sedang berlatih itu terdapat instruktur terbang dari Rusia yang sedang melatih dua penerbang tempur TNI AU.

Kedua instruktur itulah yang menyatakan alarm berbunyi karena pesawat di-"lock missile". "Saya menerima laporannya sekitar pukul 09.00 WITA," kata Putu.

Sumber : ANTARA

2 comments:

Metal Raider said...

wah gwat nih!!!!!!!!
sekarang timbul pertanyan bila memang hal seperti ini yg terjadi.....

1. apakah ada negara lain yg ingin mencoba kekuatan udara kita dengan mengirim pesawat yg lebih canggih?
2. ataw hanya suatu kesalahan mesin or avionik pesawat itu sendiri?

perlu sangat di waspadai bila pertanyaan pertama yg terbukti

cakra said...

pertanyaan gw apakah pesawat Sukhoi itu sehebat yang digembar - gemborkan sebagai yang terbaik dikelasnya ataukah pernyataan Media Barat memang benar "Sukhoi 30 itu hanya pesawat lama dengan kemasan baru"