Tuesday, January 20, 2009

Pesawat Hercules TNI AU akan di Re-Powering Segera



JAKARTA - Pemerintah segera memperbaharui mesin, suku cadang dan komponen kritis pesawat angkut berat C-130 Hercules TNI Angkatan Udara (AU), untuk meningkatkan rata-rata kesiapan skadron udara angkut berat.

Sekjen Departemen Pertahanan (Dephan) Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin kepada ANTARA News di Jakarta, Selasa (20/1), mengatakan, pihaknya belum menentukan dari perusahaan mana mesin, suku cadang dan komponen kritis pesawat C-130 Hercules.

"Kita masih melihat tiga perusahaan yang lulus seleksi dalam pengadaan mesin dan suku cadang Hercules tersebut. Dan mereka akan mempresentasikannya. Dan kita akan melihat mana yang lebih efektif, efisien dan sesuai dengan kebutuhan serta kebijakan kita," katanya, di sela-sela rapat Tim Evaluasi Pengadaan (TEP) Dephan pengadaan mesin dan suku cadang Hercules TNI AU.

Ia menjelaskan, pengadaan perbaikan mesin propeller dan suku cadang Hercules menggunakan fasilitas Kredit Ekspor (KE) 2006 senilai 7,2 juta dolar AS, mengingat alokasi anggaran dalam negeri tidak mencukupi.

Dari delapan perusahaan kini tinggal tiga yang terlibat dalam tender pengadaan dan perbaikan mesin dan suku cadang Hercules TNI AU yakni Aerod (Malaysia), Standard Aero (Kanada) dan Roll Royce dari Amerika Serikat (AS).

Dalam TEP Dephan tersebut, ketiga perusahaan itu melakukan paparan kesiapan pelaksanaan kontrak, lanjut Sjafrie.

Dengan pengadaan mesin dan suku cadang tersebut, lanjut dia, tingkat kesiapan skadron Hercules TNI AU dapat ditingkatkan.

Sumber : ANTARA

No comments: