Friday, January 23, 2009

Lomba Karya Cipta Teknologi Militer Nasional



JAKARTA - "Suatu gagasan yang patut disambut baik bila perguruan tinggi sebagai suatu lembaga ilmiah akan mengadakan lomba untuk membuat prototype dari suatu produk unggulan sebagai hasil dari penelitian yang dilakukan mahasiswa, sehingga hasil produknya dapat bermanfaat bagi industri militer strategis".

Demikian dikatakan Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono saat menerima kunjungan Pembantu Rektor III (Purek III) ITS Prof. DR. Suasmoro beserta komandan resimen mahasiswa ITS (Institut Teknologi Sepuluh November) Surabaya dan ketua panitia kegiatan, Rabu (21/1), di Jakarta. Agenda pertemuan antara menhan dan rombongan ITS adalah dalam rangka persiapan lomba karya cipta teknologi militer antar mahasiswa tingkat nasional tahun 2009 dan pameran teknologi.

Lebih lanjut menhan menjelaskan akan pentingnya untuk memprioritaskan produk-produk pada salah satu angkatan saja, sehingga lebih fokus dan biaya-biaya yang akan digunakan dalam lomba karya cipta teknologi militer tersebut dapat dikendalikan. Selain itu, lanjut menhan sebaiknya tim ITS berkoordinasi dengan Kementeriaan Riset dan Teknologi serta Kementeriaan Perindustriaan.

Kegiatan lomba cipta teknologi militer ini berawal dari keinginan mahasiswa ITS untuk menampilkan hasil-hasil penelitian yang targetnya adalah penyelesaian tugas akhir mahasiswa yang lebih mengarah kepada kepentingan militer yang belum terapresiasikan secara global. Untuk itu mahasiswa ITS mencoba untuk membuat suatu kegiatan berupa lomba karya cipta teknologi militer dengan melibatkan seluruh perguruan tinggi di Indonesia guna kepentingan ketiga angkatan di TNI. Jika lomba karya cipta ini terwujud maka hal ini merupakan kegiatan pertama kalinya di dunia perguruan tinggi di indonesia dalam mengembangkan teknologi militer.

Kepada menhan rombongan ITS menjelaskan, sebagai perguruan tinggi yang berbasis teknologi, ITS mencoba mengembangkan teknologi terutama teknologi telekomunikasi, software dan radar. Ruang lingkup karya cipta digeneralisasi dengan berbagai referensi yang sangat berguna bagi mahasiswa.

Rencana pelaksanaan pada tanggal 2-3 Agustus 2009 di Surabaya dengan target yang ingin dicapai adalah merangkul dunia industri militer yang hasilnya diharapkan bisa diapresiasi secara global. Tujuan yang ingin dicapai adalah ingin mengenalkan hasil-hasil karya cipta mahasiswa dalam bidang teknologi militer dan juga memotivasi para mahasiswa untuk berbuat atau melakukan sesuatu yang menarik terutama di bidang teknologi militer.

Melihat potensi Dephan yang mempunyai jaringan dengan industri militer, ITS berharap Dephan memberikan kesempatan dan peluang agar lomba karya cipta ini dapat terlaksana dengan menghadirkan tim penguji dari ketiga angkatan.

Saat menerima tamunya menhan didampingi Dirjen Ranahan Dephan Marsda TNI Erris Heryanto, M.A, Karo Humas Setjen Dephan Brigjen TNI S. Hariyanto dan Karo TU Setjen Dephan Kol. Laut (P) Agus Purwoto.

Sumber : DMC

No comments: