Friday, January 16, 2009

KRI Diponegoro-365 Berangkat Akhir Januari 2009

KAIRO - Sebanyak 120 personel TNI siap menjadi bagian dari gugus satuan tugas (Satgas) perairan di Lebanon atas nama Pasukan Perdamaian Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL), dan dijadwalkan akan bertolak akhir Januari 2009 dengan Kapal Republik Indonesia (KRI) Diponegoro untuk menuju Kairo, Mesir.

"Setelah sampai di Kairo, Mesir, yang diperkirakan pada 10 Februari 2009, KRI Diponegoro dengan seluruh pasukan akan dikirimkan ke Perairan Lebanon bersama pasukan lainnya pada akhir Juni nanti, seperti dari Jerman, Italia, Spanyol, Inggris dan lainnya dalam naungan bendera UNIFIL," kata Atase Pertahanan (Athan) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo, Kolonel Laut (E) Ir Sigit Soekirno di Kairo, Jumat (16/1).

Ia menjelaskan, pada 5 Januari 2009, ia mendampingi tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Mabes TNI yang beranggotakan empat orang dan dipimpin oleh Letjen TNI Liliek AS Sumaryo mengadakan kunjungan ke markas kontingen Garuda (Konga) di Lebanon.

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Wadan Sektor Timur Kolonel (Inf) Bambang Sudiono, Dansatgas Konga XXIII-C/UNIFIL Letkol (Inf) R Haryono, Dansatgas Konga XXV-A/UNIFIL Letkol (CPM) Ujang Martenis beserta beberapa perwira lainnya.

Anggota tim Itjen Mabes TNI tersebut terdiri atas Irjen Letjen TNI Liliek AS Sumaryo, Mayjen TNI Supiadin AS (Asisten Operasi Panglima TNI), Marsma TNI Bambang Purwadi, S.IP (Waaslog Panglima TNI), dan Kolonel (Inf) Moch Haryanto (Paban IV/Sops TNI). Mereka didampingi oleh Penasehat Militer RI di UNDPKO New York Laksma TNI I Putu Yuli Adnyana dan dirinya.

Dijelaskannya bahwa selama ini pasukan TNI di UNIFIL dikenal mampu bersikap profesional sebagai pasukan penyangga dan bersikap netral dalam mengamankan zona konflik Lebanon dengan Israel.

Sumber : ANTARA

No comments: