Friday, January 16, 2009

Kopaska & US Navy Seal Latihan Menembak Bersama



SURABAYA - Dua Satuan Pasukan Khusus masing-masing Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL dan US Navy Seal saling mengasah kemampuan menembaknya baik dalam penggunaan senjata laras pendek maupun senjata laras panjang di Lapangan Tembak Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung, Surabaya, Jumat (16/1).

Dalam latihan dengan sandi “Flash Iron 09-01” itu, senjata yang digunakan adalah pistol jenis Sig Sauer 226 serta SMG jenis MP-5. Kedua senjata tersebut merupakan salah satu senjata standar yang digunakan oleh satuan pasukan elite TNI AL tersebut.

Sedangkan jarak tembak yang dilakukan cukup berpariasi, seperti 5 meter, 10 meter dan 15 meter serta beberapa kombinasinya.

Dalam latihan kali ini Pasukan Katak TNI AL mengerahkan 4 tim (masing-masing tim 7 orang), atau 28 personel pada latihan ini sedangkan dari US Navy Seal menyertakan 15 personelnya. Selain sniper, mereka juga akan berlatih tentang Maritime Interdiction Operation (peperangan ruang tertutup), Jungle Welfare (perang hutan) berikut Jungle Survival, Fast Roping, Over the Beach serta Tactical Combat Casualty Care.

Koarmatim mengerahkan satu unit kapal perang, sebuah helikopter Bell, 2 Sea Rider, serta 5 perahu karet untuk latihan yang berlangsung mulai 12 Januari hingga 06 Februari 2009 dengan lokasi di Markas Koarmatim, selat Madura, Pantai Banongan serta Selogiri Banyuwangi ini.

Menurut Komandan Satuan Katak Koarmatim Kolonel Laut (T) Yulius Bustami, latihan ini selain dapat meningkatkan kemampuan taktis dan teknis perorangan maupun satuan prajuritnya juga dapat menciptakan hubungan emosional yang harmonis dan saling pengertian antara prajurit Pasukan Katak Indonesia dan Amerika Serikat.

Sumber : DISPENAL

6 comments:

waone said...

BRAVO ZULLU TO KOPASKA YOUR MY IDOL IN MILITERY I LIKE YOUR STYLE N YOR PERFORMANCE HALOO KING....HALO KING..
BRAVO TANHANA WIGNA TANSIRNA .....

waone said...

GO KOPASKA GO HALLO KING........

waone said...

jgn lupa akan siapa kamu sebenarnya

waone said...

hallo gang............

waone said...

go paska

edwin7un said...

go al go