Tuesday, November 25, 2008

LCU 1000 DWT Pesanan TNI-AD



Bro... Masih ingat pesanan dua buah Kapal Landing Craft Utility (LCU) 1000 DWT (Dead-weight tonnage) milik TNI AD?!? Di event Indo-Defence 2008 lalu PT. Dok Koja Bahari menampilkan maket versi angkut sipilnya. Namun mempunyai spesifikasi teknis yang sama dengan pesanan Dephan untuk TNI-AD.

Kedua buah Kapal LCU itu nantinya digunakan untuk mendukung kekuatan operasional TNI AD khususnya sebagai alat pengangkut pasukan dan logistik ke seluruh pulau wilayah Indonesia.

Proses pembuatan unit pertama kapal ini direncanakan rampung pada akhir tahun 2009. Dan akan menjadi kekuatan TNI AD yang dikelola oleh Dit Perbekalan dan Angkutan TNI AD.

Kapal LCU ini dibangun dengan spesifikasi antara lain panjang 68 meter, lebar 13,5 meter dan mampu memuat pasukan beserta perlengkapannya sebanyak 300 orang dan beberapa kendaraan tempur dengan bobot kurang lebih 5 ton. Atau 10-12 unit tank scorpion dan perlengkapan pendukungnya. Jarak jelajah LCU ini mencapai 3000 mil laut dan mempunyai kecepatan 12 knot.

Mesin Diesel yang digunakan menggunakan Yanmar SY-series berdaya 720-900Hp. Kapal ini diklaim mampu mendaratkan pasukan dan kendaraan tempur hingga kebibir pantai. Hal ini dimungkinkan karena haluan kapal mempunyai bentuk lambung yang flat/ datar. Copyright @lutsista


No comments: