Tuesday, November 18, 2008

BMP-3F Tiba Pertengahan Tahun 2009



Jakarta - Korp Marinir TNI Angkatan Laut pertengahan tahun depan memiliki satu kompi atau sebanyak 17 unit tank tipe BMP-3F buatan Rusia. "MoU sudah diteken," kata staf Korp Marinir Brigadir Jenderal Baharuddin, Selasa (18/11) di markas Marinir, Cilandak-Jakarta di acara Hari Ulang Tahun Marinir ke-63.

Tank ini akan bergabung dengan Resimen Kaveleri Marinir. Baharuddin belum memastikan tank ditempatkan di Armada TNI AL kawasan Barat atau Timur. Tank BMP-3F adalah generasi terbaru dari tank pendahulunya, tipe BVP. Selain langsung bisa terjun dari darat ke laut (tanpa tenggelam), tank BMP-3F memiliki keunggulan mampu berjalan di air dengan kecepatan 13 kilometer per jam atau sekitar 7 knot per jam.

Untuk perjalanan darat tank ini mampu menempuh kecepatan hingga 70 kilometer per jam, dengan kemampuan berjalan di medan pegunungan mencapai 45 kilometer per jam. “Tank ini juga mampu menembak dengan berjalan.

Tank ini juga dilengkapi dengan senjata kaliber 100 milimeter canon, serta 38 butir amunisi yang mampu menembak ke udara dengan sasaran pesawat maupun helikopter. Selain itu juga dilengkapi dengan senjata 7,62 milimeter yang merupakan senjata mesin ringan. “Pokoknya ini yang tercanggih saat ini.”

Sumber : TEMPO INTERAKTIF

3 comments:

read said...

Saya kira kalo mau beli yang meriamnya besar, seperti tank yang di film Mr.Bean, Kalo ada yang tau tolong kasi tau saya nama tank itu. Walaupun kayanya agak mahal untuk membeli tank seperti itu.
Apakah Indonesia Punya tank tank yang mempunyai meriam besar ? Yang saya tau TNI-AD hanya punya tank Scorpion, lapis baja, sama yang yang marinir punya BTP(maaf sy kurang hapal). Selain untuk angkut personil, Indonesia perlu punya tank-tank bermeriam besar seperti T-72, ataupun M-1 Abrams.

rendra said...

Tank di film mr Bean adalah main battle tank andalan AD Inggris jenis Chieftain MK5, meriam 120mm berat lebih 40 ton, jarang ada tanah dan jembatan di Indonesia yang mampu di lewati. saat ini Chieftain MK5 sudah masuk museum, itu jaman Nato tahun 1970, diganti dengan Challenger, sekelas M1 Abram, T80, Leopard II, Lecrerc, Korea bikin K1A1, Jepang Mitsubishi
Scorpion, Scimitar, AMX 13, cocok untuk perang dengan Landas serbu di Hutan tropis yang sempit.
Tank dengan Kaliber 120mm tapi kecil ringan 20 Ton adalah tank Linud US Army M551 Sheridan, cocok di Vietnam dulu.
Semoga menjawab

rendra said...

Tank dalam film mr Bean adalah Main Battle Tank Chieftain MK5, andalan AD Inggris era Nato tahun 1970 non amphibi dan sudah pensiun, diganti Challenger.
Berat MBT seperti M1,Lecrerc France, Leopard II germany, T 80, K1A1 Korea atau Mitsubishi beratnya diatas 40 Ton, jarang ada tanah dan jembatan yang bisa dilewati di asia tenggara, T55 rusia banyak yang stuck di Indochina
Tank ringan 20 Ton, Kaliber 120 mm punya linud AD USA adalah M 551 Sheridan, cocok ketika perang Vietnam yang hutannya mirip di Indonesia, makanya di pilih Scorpion, Scimitar, AMX 13