Monday, October 06, 2008

250 Pasukan Khusus Melakukan Renang Tempur

SURABAYA - Sebanyak 250 pasukan khusus gabungan ketiga angkatan di TNI, akan melakukan demonstasi renang tempur untuk memeriahkan HUT ke-63 TNI di Surabaya, Selasa, 14 Okotober 2008.

"Mereka akan memamerkan kemampuannya untuk berenang dengan menggunakan pakaian tempur lengkap," kata Kadispen Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Letkol Laut (KH) Toni Syaiful di Surabaya, Senin (6/10).

Ia mengemukakan, pada upacara HUT yang dipusatkan di Dermaga Madura, Ujung, Koarmatim dengan inspektur upacara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ratusan pasukan elit itu akan berenang sejauh 1.000 meter.

"Mereka akan dilepas dari sejumlah sekoci di Selat Madura. Selain pasukan pria, dalam kelompok itu ada juga pasukan wanita dari ketiga angkatan," katanya menambahkan.

Para perenang tempur itu berasal dari Pasukan Katak, Intai Amfibi Marinir, keduanya dari TNI AL, Kopassus TNI AD dan Kopaskhas TNI AU.

Menurut Kadispen, demo yang dilakukan oleh pasukan pilihan itu merupakan salah satu dari sekian demo yang akan ditampilkan pada HUT yang bersamaan dengan 10 tahun reformasi TNI itu.

"Demo lainnya adalah berupa ketangkasan prajurit, kemampuan alutsista TNI, seperti kapal perang, pesawat tempur dan kemampuan pasukan yang lainnya," katanya.

Kadispen mengemukakan, upacara HUT TNI di Koarmatim nanti merupakan yang kedua. Tahun 2003 lalu, HUT TNI juga digelar di lokasi yang sama dengan inspektur upacara Presiden yang saat itu dijabat Megawati Soekarnoputeri. (Ant/OL-2)

Sumber : MEDIAINDONESIA

No comments: