Friday, September 26, 2008

Sukhoi TNI AU Tiba Oktober 2008 di Makassar


Sukhoi Su-30MK2

Jakarta - Tiga pesawat tempur Sukhoi (Tahap I) baru milik TNI Angkatan Udara yang akan tiba Oktober 2008, akan dirakit di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar.

Panglima Komando Operasi Angkatan Udara (Pangkoopsau) II, Marsekal Pertama TNI Yushan Sayuti, mengatakan Lanud Sultan Hasanuddin sebagai `home base` Sukhoi telah siap, termasuk landasan yang telah mampu didarati pesawat angkut Antonov yang akan membawa tiga unit Sukhoi TNI AU dari Rusia, sebelum dirakit.

"Hanggar baru pun telah selesai sekitar 80 persen. Tinggal menyelesaikan sebagian halaman depan hanggar dan instalasi listrik yang diperkirakan memerlukan dana sekitar Rp.4,5 miliar," katanya.

Nantinya akan ada enam pesawat yang datang, terdiri atas tiga SU-30MK2 dan tiga SU-27SKM, guna melengkapi empat pesawat Sukhoi yang sudah dimiliki TNI Angkatan Udara sebelumnya.

Tiga unit yang dijadwalkan tiba Oktober 2008 ini telah dilengkapi dengan persenjataannya dan avionik lengkap. Terutama untuk amunisi SU-30MK2, sedangkan pada 2009 akan tiba jenis SU-27SKM dan persenjataannya.

Pembelian enam Sukhoi itu tidak termasuk dalam skema kredit negara yang diberikan Pemerintah Rusia senilai satu miliar dolar AS bagi modernisasi persenjataan Indonesia selama masa 2007-2010.

Sementara itu, tiga pilot Sukhoi yang baru menyelesaikan pelatihan di Rusia telah tiba di Indonesia. Ketiga pilot tersebut adalah Mayor Pnb Ikoputro (Komandan Skadron Udara 11), Mayor Pnb Dedy Ilham Suryanto, dan Mayor Pnb David Yohan Tamboto.

Selain kesiapan infrastruktur, TNI AU juga telah menyiapkan kembali delapan calon penerbang Sukhoi yang terkenal dengan julukan "Flanker".(*)

Sumber : ANTARA

Berita terkait lainnya :
Jet Tempur Sukhoi Siap Kembali Unjuk Gigi dalam HUT TNI 2008

No comments: