Monday, September 01, 2008

Pindad Rancang Panser Canon



BANDUNG: PT Pindad kini sedang merancang Panser Canon yang merupakan versi tactical Armor, dari Panser Angkut Personil Sedang (APS) 6 X 6. Panser jenis ini umumnya dijual di luar negeri per unitnya mencapai US $ 3 juta. “Kami mengusahakan lebih murah dari yang di luar negeri” kata Direktur Utama PT Pindad Adik A Soedarsono di Bandung, Jumat (29/8).

Adik berharap, panser canon ini digarap tahun 2010. Sejauh ini ia sedang melakukan pembahasan dengan Departemen Pertahanan untuk merumuskan Design Requirement dan Objective dari panser tempur itu. Model atau mock-up panser canon itu sendiri baru akan dipamerkan pada pameran Indo Deffence 2008, pada November nanti.

Soal produksi, Adik juga belum punya gambaran dari TNI. Namun perkiraannya, pesanan TNI berkisar belasan unit saja. ”Untuk economical production, itu harus di atas 15 unit, kalau pesanannya di bawah itu, rugi,” katanya.

Menurut Sekjen Departemen Pertahanan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin, panser itu merupakan proyek lanjutan dari pembuatan Angkut Personil Sedang (APS) 6x6 yang kini tengah dipesan departemennya. Ia mengaku belum tahu berapa kebutuhan Departemen Pertahanan untuk panser jenis ini. ”Tergantung pengajuan Angkatan Darat,” kata Sjafrie.

Menurut Sjafri, banyak negara tetangga yang tertarik dengan Panser Canon. Beberapa negara seperti Srilangka bahkan sudah mengirimkan utusannya melihat panser buatan PT Pindad. ”Mereka sudah membeli Armor Vehicle, tapi bukan jenis Tactical,” ujarnya.

Sumber : TEMPOINTERAKTIF

No comments: