Friday, September 19, 2008

KRI Sultan Hasanuddin (366) Berkunjung ke Korea

KRI Hasanuddin (KRI HSN-366), salah satu kapal korvet jenis Sigma terbaru yang dimiliki Angkatan Laut, berencana melaksanakan serangkaian kegiatan muhibah dalam rangka Republic of Korea Navy International Fleet Review yang bertepatan juga dengan peringatan ke 60 the Anniversary Republic of Korea and Armed Forces Foundation, Republic of Korea di Busan, Korea Selatan pada tanggal 6 sampai dengan 10 Oktober 2008. Kegiatan ini merupakan event berskala internasional yang melibatkan 35 angkatan laut negara-negara di belahan dunia.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul, S.E. menjelaskan tujuan kegiatan Fleet Review ini adalah untuk meningkatkan hubungan persahabatan yang saling menguntungkan dengan sesama Angkatan Laut negara peserta dan melaksanakan diplomasi sebagai salah satu tugas yang diemban TNI Angkatan Laut. Disamping itu diharapkan dari kegiatan ini dapat menambah wawasan pengetahuan prajurit tentang kemampuan armada angkatan laut negara lain serta meningkatkan profesionalisme personel secara optimal selama pelaksanaan kegiatan lintas laut.


KRI Sultan Hasanuddin (366)

KRI Hasanuddin-366 dengan ABK 78 serta 17 detasir termasuk dokter, media cetak dan elektronika, rencananya akan bertolak dari Dermaga Ujung Surabaya pada tanggal 23 September 2008 dengan menyinggahi beberapa pelabuhan seperti Balikpapan dan Manila (Philipina) serta Hongkong (Republik Rakyat China) untuk mengisi bahan bakar dan logistik sebelum menuju ke Pelabuhan Busan Korea Selatan. Keseluruhan perlayaran tersebut akan menempuh jarak 6.436 mil laut dengan memakan waktu selama 18 hari. KRI Hasanuddin-366 akan melaksanakan beberapa kegiatan di Korea selama 6 hari diantaranya melaksanakan pameran Maritim dan Pertahanan serta terlibat dalam kegiatan demo Fleet Review dan latihan. Sebelum kembali ke Indonesia direncanakan tangal 25 Oktober 2008 terlebih dahulu akan singgah ke Hongkong (RRC) lebih lanjut disampaikan Kadispenal.
Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Sumber : DISPENAL

No comments: