Thursday, August 07, 2008

TNI AD Akan Bangun Lima Skadron Udara

Surabaya (ANTARA News) - Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Darat (Aslog Kasad), Mayjen TNI Harkrisnowo, mengungkapkan bahwa TNI Angkatan Darat (AD) akan membangun lima skadron udara untuk mendukung tugas pokok, peran dan fungsi TNI AD.

"Kita merencanakan lima skadron udara, kini sudah ada tiga skadron udara yang operasional, satu dalam tahap penyelesaian dan satu masih dalam perencanaan," katanya, usai menghadiri penyerahan Helikopter Mi-17V-5 dari Pemerintah Rusia ke Indonesia di Surabaya, Rabu (6/8).

Ia mengemukakan, tiga skadron udara yang sudah operasional itu adalah Skadron Udara-31/Serbu Berat dan Skadron Udara-11/Serbu Ringan yang berada di Semarang dan Skadron Udara-21/Serba Guna di Pondok Cabe.

Skadron-31/Heli Serbu Berat itu kini menjadi home base bagi dua Mi-35 dari delapan yang direncanakan. Enam helikopter Mi-17-V5 yang tiba di Indonesia (Rabu, 6/8) akan ditempatkan di skadron yang sama.

"Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama, Skuadron-31/Heli Serbu ini, alutsistanya segera dapat dipenuhi, karena keberadaan skuadron helikopter ini sangat efektif untuk tugas-tugas pertahanan negara dengan kondisi geografis seperti negara yang kita cintai ini," katanya.

Sedangkan, satu skadron udara yang sedang dalam tahap penyelesaian adalah Skadron Udara di Waituba, Palembang dan satu skadron udara baru akan di bangun di Kalimantan Timur.

Kegiatan penyerahan Alutsista yang dilakukan oleh pihak Rosoboronexport Rusia tersebut disaksikan oleh para pejabat militer di jajaran Pertahanan Republik Indonesia. (*)

Sumber : ANTARA

No comments: