Thursday, August 21, 2008

107 Perenang Tempur TNI AL Seberangi Selat Madura

Surabaya - Sebanyak 107 perenang tempur TNI AL dari berbagai kesatuan di Surabaya, Rabu (20/8/2008) menggelar uji coba berenang menyeberangi Selat Madura menuju Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya.

Disaksikan Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Lili Supramono, Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Slamet Sulistiyono, Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim Laksamana Pertama TNI RM Harahap, para Asisten dan Kasatker Koarmatim, para perenang tempur ini melaksanakan uji kemampuan kecepatan berenang dalam rangka kesiapan demonstrasi yang akan ditampilkan HUT TNI bulan Oktober 2008 mendatang.

Dengan pakaian tempur doreng lengkap, senjata laras panjang, sepatu katak (fin), swempest, snorkel dan kacamata renang para perenang tempur tersebut diterjunkan ke laut melalui pintu rampa KRI Teluk Ende-517 yang tengah berlayar di Selat Madura dengan jarak 1000 meter dari Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya.

Ke-107 perenang tempur TNI AL dilepas dari KRI Teluk Ende-517 tersebut terdiri dari 26 personel Pasukan Katak Koarmatim, 20 penyelam Dinas Penyelamatan Bawah Permukaan Air Koarmatim, 20 personel Intai Amfibi Marinir, 16 personel Resimen Bantuan Tempur Pasmar 1, 5 personel Resimen Artileri Pasmar1, 10 personel Resimen Kavaleri dan 10 personel Batalyon 5 Brigif 1 Marinir.

Hanya butuh waktu empat menit sejak diterjunkan ke laut tepat pukul 14.30 WIB bagi seluruh perenang tempur yang berjumlah 107 untuk masuk ke laut dan langsung berenang menuju sasaran yang telah ditentukan.

Meski sebagian besar terbawa arus permukaan laut cukup kuat sehingga lintasannya menjadi melenceng dari track yang direncanakan. Namun hanya butuh waktu 24 menit bagi Sertu Marinir Chandra, anggota Resimen Artileri Pasmar 1 Surabaya, menjadi orang pertama yang mencapai Dermaga
Koarmatim Ujung Surabaya.

Selanjutnya dengan semangat yang tinggi akhirnya seluruh perenang berhasil mencapai Dermaga Koarmatim. Tercatat pada menit ke 44 perenang terakhir mencapai Dermaga. Meski dikawal dengan 6 perahu karet dan 3 sekoci sebagai pengamanan bagi perenang, seluruh perenang tempur tiba dengan selamat di tempat yang telah direncanakan. (penarmatim@yahoo.com)(fat/fat)

Sumber : DETIKSURABAYA

No comments: