Tuesday, July 22, 2008

Pembom B-52 Jatuh di Guam



Washington - Sebuah pesawat pembom Angkatan Udara AS, B-52 jatuh di lepas pantai Guam, Pasifik tengah dan menewaskan dua awak serta empat lainnya hilang, kata sejumlah pejabat Angkatan Laut AS.

Sebagaimana diberitakan AFP, sebuah pernyataan singkat dari Pangkalan Angkatan Udara Andersen di Guam mengatakan, pesawat pembom B-52H Stratofortress itu jatuh sekitar pukul 9:45am (0325 GMT) di lepas pantai baratlaut Guam.

"Dua jenazah pesawat pembom B-52 ditemukan... sekitar 30 mil di baratlaut Guam ... Upaya pencarian bersama terus dilakukan dan operasi penyelamatan di daerah itu dilakukan untuk menemukan empat awak lainnya yang hilang, katanya.

Ikutserta dalam upaya pencarian adalah Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Penjaga Pantai AS, Badan Anti-Narkotika dan Kepolisian Guam, dan lainnya.

Pesawat pembom ini dalam latihan dan berencana melakukan atraksi terbang untuk merayakan Hari Kemerdekaan Guam. Pesawat pembom itu tak membawa senjata maupun munisi, kata Angkatan Laut AS.

Kecelakaan pesawat pembom B-52 sejauh ini adalah yang kedua pada tahun ini di dekat wilayah AS di Pasifik baratlaut.

Pada Februari, sebuah pesawat pembom siluman B-2 jatuh di pulau Pasifik ini setelah lepas landas dari Andersen, tetapi para awaknya selamat.(*)

Sumber : ANTARA

No comments: