Thursday, July 31, 2008

Konga XXV-A Bertolak ke Lebanon



Jakarta - Satu Kompi Polisi Militer TNI yang tergabung dalam Satgas Kompi Polisi Militer TNI Kontingen Garuda XXV-A/UNIFIL bertolak ke Lebanon, Kamis (31/7).

Satu kompi atau sekitar 75 personel Satgas Kompi Polisi Militer TNI Kontingen Garuda XXV-A/UNIFIL, yang dipimpin Letnan Kolonel CPM Ujang Martenis, dilepas dalam sebuah upacara militer di Pusdik POM, Cimahi, Bandung, Jabar, dengan inspektur upacara Kasum TNI Laksamana Madya TNI Y Heru Didik Purnomo.

"Konga XXV-A terdiri atas sebelas personel Mabes TNI, 30 personel POM TNI AD, 20 personel POM TNI AL, 14 personel POM TNI AU, serta empat personel Wanita TNI, yakni satu Kowad, dua Kowal dan satu Wara," kata Perwira Penerangan Satgas Kompi POM TNI Konga XXV-A/UNIFIL Lettu Sus M. Soleh kepada ANTARA di Jakarta.

Sebelum Satgas Kompi POM TNI diberangkatkan ke Lebanon, mereka menjalani masa pratugas selama satu bulan di Pusdik POM Cimahi dan Cipatat, Jawa Barat.

Dalam masa pratugas itu, diberikan materi latihan sesuai dengan fungsi Kompi Polisi Militer TNI, yaitu mengatasi dan dapat mengatur lalu lintas bertaraf internasional, membantu perencanaan, pengendalian serta pengamanan perpindahan Internal Displace Person (IDP), melaksanakan patroli untuk menegakkan peraturan dan disiplin dan melaksanakan investigasi kejadian nonkriminal dan dugaan kriminal.

Tidak itu saja, selama pratugas mereka juga diajarkan untuk melaksanakan pengumpulan data investigasi/pemeriksaan, pengawalan/ Escort International, pengamanan VIP/VVIP, serta teknik melaksanakan teknik/prosedur pemeriksaan materiil dan personel.

Selain itu, juga diajarkan materi dasar kemiliteran seperti menembak, operasi dalam rangka stabilitas dan penguasaan wilayah, dan kemampuan mempertahankan diri.

Keberadaan Konga XXV-A UNIFIL itu sesuai hasil pembicaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Menteri Lebanon, Fuad Siniora, di sela-sela pertemuan puncak ke-11 Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Dakar, Senegal, Maret 2008. (*)

Sumber : ANTARA

No comments: