Thursday, July 31, 2008

Kedatangan Korvet Sigma Pesanan TNI AL Mundur


Korvet Sigma, KRI Sultan Iskandar Muda-367

Jakarta - Jadwal kedatangan kapal perang Korvet Kelas Sigma yang dipesan TNI AL dari Shelde-Belanda, kemungkinan mundur dari September 2008 menjadi Nopember 2008 karena persoalan teknis.

"Pengunduran itu lebih disebabkan masalah teknis, yakni perlu memastikan kembali seluruh badan kapal dan peralatan serta persenjataan apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum," kata Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI AL Laksamana Pertama Iskandar Sitompul kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

Dua bulan silam Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) saat itu yakni Laksamana TNI Sumardjono, mengadakan kunjungan ke Belanda termasuk untuk melihat secara langsung perkembangan terakhir pembuatan kapal Korvet Sigma ke-3 dan ke-4.

Dari hasil tinjauan langsung tersebut, kemungkinan besar jadwal kedatangan Korvet Sigma Class mundur dari jadwal semula, ungkap Iskandar.

Indonesia telah memesan empat kapal korvet Sigma dari Belanda dengan nilai total nilai 700 juta Euro (sekitar Rp 8 triliun) atau Rp 2 triliun untuk masing-masing kapal.

Dari empat kapal yang dipesan itu dua di antaranya yakni KRI Diponegoro-365 dan KRI Hassanudin-366 telah tiba di Indonesia pada September 2007 dan Februari 2008.

Sumber : ANTARA

No comments: