Thursday, June 05, 2008

Pangkogasud Tinjau Kesiapan Daerah Latihan



Dari tiga tempat yang ditinjau, baik di Batam, Pontianak dan Balikpapan, Pangkogasud merasa puas dengan kinerja para Dansatlakopsud. Dari laporan para Dan Satlakopsud, baik di Batam (disampaikan oleh Kolonel Pnb Dody Trisunu), Lanud Supadio Pontianak (disampaikan oleh Kolonel Pnb Yadi Indrayadi) dan Lanud Balikpapan (disampaikan oleh Letkol Pnb Pandu Purnama), hampir sebagain besar fasilitas unsur udara, seperti run way, taxy way, tower, shelter pesawat, apron serta sarana pendukung lainnya yaitu messing, MCK, dan logistik dalam kondisi siap operasional.

”Saya puas dengan kinerja para Dansatlakopsud, awalnya saya sempat was-was, tetapi setelah mengecek langsung ke lapangan, saya optimis, kita mampu mendukung kegiatan Latgab TNI 2008 sesuai rencana” kata Marsda TNI Yushan Sayuti.

Dikatakan, sebagai bentuk pertanggung jawaban TNI kepada rakyat Indonesia, Pangkogasud minta agar para Dansatlakopsud serta prajurit TNI AU yang ada di mandala operasi dapat memberikan kinerja terbaiknya dalam Latgab TNI 2008. Menurut Pangkogasud, Latgab TNI 2008 tidak saja menjadi tolok ukur sejauh mana pembinaan dan profesionalisme prajurit TNI AU khususnya, maupun TNI pada umumnya, tetapi sekaligus akan menjadi pencitraan TNI di mata masyarakat.

Seperti diketahui, dalam Latgab TNI 2008 akan ada empat trouble spot sebagai daerah latihan, masing-masing pulau Natuna, pulau Batam, Singkawang, Kalimantan Barat dan Sangata, Kalimantan Timur. Sebanyak 3861 prajurit TNI AU akan di sebar di empat wilayah tersebut. Sementara puluhan pesawat dari berbagai tipe dan jenis, baik tempur, angkut maupun helikopter akan dikerahkan. Dan untuk amunisi sedikitnya 120 bom MK-82 dan 266 roket FFAR 2,75 akan dimuntahkan dari pesawat-pesawat tempur TNI AU.

Rencananya, di Batam akan ditempatkan 4 pesawat tempur Hawk 100/200, 2 Helikopter EC-120 Colibri serta puluhan pesawat angkut berbagai jenis akan melakukan take off landing. Selain itu di pulau yang berbatasan dengan negara Singapura itu, juga akan dikerahkan 384 prajurit TNI AU dari unsur Paskhasau dan ground crew. Sementara di Lanud Balikpapan, ditempatkan pesawat-pesawat F-5 Tiger, SU-27/30 Sukhoi, F-16 figthing falcon, Hawk 100/200, C-130 Hercules, Foker F-27, CN-235, C-212 Kassa serta helikopter. Prajurit TNI AU yang akan di tempatkan di wilayah kaya minyak ini kurang lebih berjumlah 500 orang, dari berbagai unsur serta diterjunkan pula enam anjing pelacak Brigan (Brigade Anjing) Pomau untuk pengamanan Alutsista.

No comments: