Thursday, June 05, 2008

Latgab 2008 Melibatkan 3.133 Prajurit TNI

Tanjungpinang, Latihan gabungan (latgab) TNI yang dimulai pada 29 Mei-20 Juni 2008 di Natuna, Provinsi Kepri melibatkan 3.133 prajurit TNI AL, AD dan AU.

"Latihan itu juga diselenggarakan di Batam dan Sangata, Kaltim," kata Kepala Tim Penerangan Latgab 2008 Natuna, Mayor Laut Ainur Rafiq yang dihubungi wartawan ANTARA di Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepri, Rabu.

Dalam latgab, dilakukan aksi pengintaian terhadap kepulauan Natuna yang diskenariokan seolah-olah telah dikuasai asing. Pengintaian dilakukan dengan menggunakan pesawat tempur boeing 737 milik TNI AU.

"Latihan dengan menggunakan pesawat intai telah dilakukan Selasa, kemarin," katanya. Mulai tanggal 1 Juni lalu, kapal perang milik TNI AL melakukan perjalanan menuju Batam dan Natuna. Pada 7 Juni 2008 akan digelar Operasi Amphibi, Linud dan Yon Infantri L 328.

Operasi Amphibi akan digelar di pantai Senyap, Natuna. "Kalau latihan penyerangan dengan menggunakan pesawat HAWK punya TNI AU," tuturnya. Ainur mengungkapkan, latgab 2008 bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan yang dimiliki prajurit TNI. "Kami ingin menunjukan kepada bangsa Indonesia bahwa TNI selalu siaga menjaga stabilitas nasional," katanya.

Sumber : ANTARA

No comments: