Thursday, May 29, 2008

US Navy Tingkatkan Latihan Bersama dengan TNI



Jakarta, Menhan Juwono Sudarsono menerima kunjungan kehormatan Chairman Of The Join Chief Of Staff (Ketua Gabungan Kepala Staf) Amerika Serikat Laksamana Mike Mullen, Kamis (29/5) di Kantor Departemen Pertahanan, Jakarta.

Dalam kunjungannya, Laksamana Mike Mullen menyampaikan keinginan Amerika untuk meningkatkan kerjasama dengan Indonesia di bidang pertahanan khusus untuk kerjasama latihan bersama dan pendidikan antara kedua angkatan bersenjata.

“Kemungkinan-kemungkinan latihan bersama dibidang pendidikan yang dapat diperbaiki kembali atau ditingkatkan setelah sekian tahun terhenti dengan adanya masalah masalah politik”, ungkap Karo Humas Setjen Dephan Brigjen TNI S. Hariyanto usai mendampingi Menhan Juwono.


CH-53 saat menurunkan pasukan di Latihan Bersama "Cobra Gold 2008" di Thailand awal Mei lalu. Latihan bersama ini diikuti 5 negara a/l : Thailand, Amerika Serikat, Jepang, Singapura dan Indonesia.

Lebih lanjut Karo Humas mengatakan, untuk kerja sama latihan bersama dengan TNI, Laksamana Mike Mullen menawarkan kerja sama latihan navigasi dengan TNI Angkatan Laut. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan wilayah lautan yang sangat luas, dipandangnya perlu untuk mengadakan latihan navigasi khususnya untuk Angkatan Laut.

Selain itu, disampaikan juga keinginannya untuk mengadakan latihan bersama antara special force kedua negara, dimana sempat terhenti beberapa tahun yang lalu. Laksamana Mike Mullen berharap kedepan kerja sama semacam itu dapat dilanjutkan dan ditingkatkan untuk jangka waktu yang lama.

Sementara itu, Menhan menyambut baik tawaran kerja sama ini, karena kerja sama dalam bidang pendidikan dinilai penting bagi Dephan khususnya TNI, terutama bagi perwira muda untuk menambah pengalaman melalui pembinaan latihan di luar negeri.

Menhan juga menjelaskan, tingkat atau frekuensi latihan TNI sangat dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi dalam negeri saat ini, sehingga tidak dapat dilaksanakan semaksimal mungkin seperti dulu. Mengingat saat ini tengah dilaksanakan penghematan anggaran dan skala prioritas.

Dalam kunjungannya, Laksamana Mike Mullen didampingi oleh Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso, As Intel Mayjen TNI Haryadi, Atase Pertahanan AS di Jakarta Kolonel Kevin Richards dan Athan RI di Washinton DC Brigjen TNI Erwin Barley.Sementara itu, Menhan Juwono saat menerima tamunya didampingi oleh Sekjen Dephan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin dan Dir. Kersin Ditjen Strahan Dephan Marsma TNI P. Simamora. (BDI/HDY)

No comments: