Wednesday, May 28, 2008

KRI Karang Galang (984) Pensiun Dini

ARMABAR - Ular-ular perang merupakan simbol kapal perang yang harus berkibar di tiang Gafel sebagai salah satu tanda dari kapal perang Republik Indonesia. Oleh sebab itu upacara penurunan ular-ular perang, merupakan suatu peristiwa simbolik yang menandakan berakhirnya perjalanan sejarah pengabdian suatu KRI sebagai unsur kekuatan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut.

Demikian amanat Pangarmabar pada acara penurunan ular-ular perang KRI Karang Galang-984 di Dermaga 210 Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (27/5), sebagai tanda berakhirnya masa bhakti KRI Karang Galang-984.

Lebih lanjut Pangarmabar mengatakan KRI Karang Galang-984 adalah salah satu jenis kapal cepat angkut personel (KCAP) yang dibuat tahun 1998 dan masuk jajaran TNI AL sesuai ST Kasal nomor ST/130/2006 tanggal 27 Februari 2006, merupakan kapal Eks Cisadane yang dihibahkan dari ASDP ke TNI AL cq Koarmabar.

KRI Karang Galang-984 merupakan salah satu jenis KRI yang diharapkan dapat mengemban tugas sebagai kapal cepat pengangkut personel di sebagian besar perairan yurisdiksi Nasional, namun kehadiran KRI Karang Galang-984 semenjak masuk jajaran Koarmabar pada tanggal 17 April 2006 sampai saat ini, belum bisa dioperasikan secara optimal oleh karena berbagai kendala, terutama sebagian peralatan seperti Bakap, Alkom dan navigasi dalam kondisi tidak siap.

Sehingga dari waktu ke waktu membutuhkan dukungan biaya pemeliharaan yang semakin besar sejalan dengan bertambahnya usia Alut Sista, sehingga nilai efisiensi pengoperasian KRI Karang Galang-984 sudah tidak memadai lagi.

Sumber : DISPENAL

No comments: