Monday, May 05, 2008

Kapal Perang Malaysia Dijaga Ketat


KD Inderapura

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk menjaga citra Bangsa Republik Indonesia di mata Internasional, jajaran TNI AL dari Markas Lanal Balikpapan telah melakukan pengamanan atau sterilisasi di Pelabuhan Semayang Balikpapan. Pengamanan dan sterilisasi pelabuhan ini sudah dilakukan sejak H-1, sebelum Kapal perang milik Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) KD Inderapura tiba di Balikpapan.

Bahkan untuk meminimalisi aktivitas di pelabuhan yang menjadi pintu masuk kota Balikpapan itu, puluhan peti kemas disusun berjajar untuk memagari dan membatasi pergerakan orang yang lalu lalang di dalamnya.

Untuk penjagaan di ring I, beberapa anggota TNI AL telah disiagakan di pintu masuk dermaga. Sedangkan untuk pengamanan di ring II, telah disiagakan petugas dari Kesatuan Polisi Pengamanan Pelabuhan (KP3) Semayang Balikpapan. Bahkan di sisi laut, TNI Al telah mengsiagakan dua kapal perang untuk pengamanan di laut.

Rencananya, Kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST), yang diawaki 329 personel ini akan berada di balikpapan selama tiga hari. Dalam kunjungan muhibah itu, pejabat tinggi kapal termasuk komandan akan melakukan kunjungan ke Markas Kodam VI/Tpr dan Lanal Balikpapan.

Sumber : KOMPAS.COM

KD Inderapura
Kapal Perang TLDM kelas Landing Ship Tank, merupakan kapal perang eks USS Spartanburg County yang dibuat oleh National Steel SB, San Diego, Amerika Serikat.

Pertama kali diluncurkan pada 11 November 1970, Malaysia mengakuisisinya pada 16 Desember 1994. Berikut Spesifikasi dari kapal tersebut :

LENGTH : 159.2m
BEAM : 21.18m
DISPLACEMENT : 4793 tons / 8450 tons (fl)
ARMAMENT : 4/76.2mm DP, 1/20mm Mk 15 CIWS, 2-4/12.7mm .50cal machine guns
MACHINERY : 6 diesels; 2 CP props; 16500hp
SPEED : 22 knots
CREW : 186 + 430 marines

@lutsista

No comments: