Monday, May 05, 2008

KOOPSAU II Gelar Latihan Sikatan Daya 2008



Kerahkan pesawat Sukhoi, F-16 dan F-5

Latihan puncak Komando Operasi TNI AU (Koopsau) II bersandi Sikatan Daya 2008, digelar hari ini (Senin 5/5). Latihan yang akan berlangsung hingga tiga hari kedepan, di buka Pangkoopsau II Marsekal Muda (Marsda) TNI Yushan Sayuti, dalam suatu upacara militer yang ditandai dengan penyematan tanda peserta latihan, di Makoopsau II, Makassar. Ikut hadir Kepala Staf (Kas) Koopsau II Marsma TNI Benyamin Dandel, S.IP, perwakilan pelaku serta pendukung latihan lainnya.

Latihan yang melibatkan ratusan personel dan belasan pesawat dari Lanud jajaran Koopsau II, seperti Lanud Hasanudin, Makassar, Lanud Iswahyudi, Madiun serta Lanud Abdulrakhman Saleh, Malang ini, dibagi dalam tiga tahap. Tahap pertama yang dilaksanakan hari ini, (Senin 5/5) berupa latihan Pos Komando (Latposko) secara teleconference di satuan masing-masing. Hari kedua dilanjutkan dengan kegiatan Tactical Air Manouvering Game (TAMG) di Lanud Abdulrakhman Saleh Malang. Dan pada hari ketiga, dilaksanakan penembakan di AWR (Air Weapon Range) Pandan Wangi, Lumajang, Jawa Timur.

Untuk kegiatan penembakan, akan di kerahkan pesawat tempur Sukhoi, F-16 fighting falcon dan F-5 Tiger II. Ketiga pesawat tempur ini akan melaksanakan penembakan udara ke darat dengan menggunakan bom maupun roket. Bagi pesawat Sukhoi, latihan ini menjadi ajang pembuktian kecanggihan pesawat buatan Rusia ini, mengingat dalam latihan ini Sukhoi juga akan dipersenjatai dengan amunisi yang sesungguhnya, baik bom maupun roket.


Pangkoopsau II selaku Pemimpin Umum latihan dan para pejabat latihan sedang mengecek pelaksanaan Latposko Sikatan Daya 2008, di ruang Yudha, Makoopsau II. (Foto : Pen Koopsau II)

Tujuan latihan kali ini untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel dan satuan jajaran Koopsau II. Sementara sasarannya adalah menguji doktrin, Protap dan Juknis. Selain itu juga untuk menguji Sistem K3I Koopsau II dan diperolehnya masukan tentang kekurangan dan ketidak sempurnaan pembinaan satuan. Bertindak sebagai Pemimpin Umum latihan Pangkoopsau II Marsda TNI Yushan sayuti, sementara Direktur Latihan adalah Kolonel Pnb Zulhasymi.

Selain pesawat-pesawat tempur, dalam latihan kali ini juga dikerahkan unsur angkut dan intai, seperti pesawat C-130 Hercules, Boeing 737 Surveilance dan C-212 Cassa dan Helikopter SAR. Untuk pasukan dilibatkan personel Paskhas dari Wing 2 Paskhas Lanud Abdulrakhman Saleh Malang.

Sumber : DISPENAU

No comments: