Friday, May 23, 2008

17 Pesawat Tempur Mulai Dikerahkan ke Kutai Timur

BALIKPAPAN- Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Balikpapan intens mematangkan persiapan latihan gabungan (Latgab) TNI 2008 yang berlangsung 3-21 Juni. Dalam Latgab kali ini, Lanud dan Bandara Sepinggan, Balikpapan, menjadi posko operasional TNI-AU.

Dipastikan 17 pesawat tempur akan segera dikerahkan ke Kabupaten Kutai Timur. Belasan armada tempur itu terdiri dari pesawat F-5 Tiger (enam unit) dan Hawk 100/200 (tiga) dari Skuadron Madiun, Sukhoi (dua) dan F-16 (enam) dari Lanud Hasanuddin, Makassar.

"Khusus F-5 Tiger dan Hawk 100/200 diterbangkan Skuadron I Pontianak lebih dulu ke Bandara Sepinggan Balikpapan, baru setelah itu dikerahkan ke Sangatta. Sedangkan Sukhoi dan F-16 langsung dari Lanud Makassar ke lokasi tempur," ungkap Komandan Lanud Balikpapan, Letkol Pnb Agus Pandu Purnama saat berkunjung ke markas Tribun Kaltim, Kamis (22/5).



Selain pesawat tempur, TNI-AU juga mengerahkan dua pesawat pengintai taktis Cassa-212, tiga unit heli SAR jenis SA-330, dua F-27 dan satu CN-235, lima unit pesawat C-130 dan enam F-16 (tim recovery). Menurut Pandu, Latgab diselenggarakan di empat lokasi di Natuna dan Batam (Provinsi Kepulauan Riau), Singkawang (Provinsi Kalimantan Barat) dan Sangatta (Provinsi Kalimantan Timur), diikuti tiga matra TNI (Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara).

Khusus di Kaltim, operasional TNI-AU dipusatkan di Lanud dan Bandara Sepinggan Balikpapan. Pergerakan alat utama sistem senjata (alutsista) dari sejumlah beberapa Lanud ke Bandara Sepinggan dimulai 3 Juni. Baru pada tanggal 12 Juni dilanjutkan ke Sangatta.

"Puncak latihannya 15 Juni. Rencananya dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Pandu. Kemarin, pihaknya mengadakan pertemuan dengan institusi terkait, Angkasa Pura I, pimpinan airlines, Pertamina, Telkom dan lainnya. Pandu memaparkan secara detail rencana pergerakan pesawat TNI-AU selama Latgab.

Langkah koordinasi ini untuk menghindari gangguan operasional penerbangan sipil atau komersial. Rencananya, Latgab akan diikuti sebanyak 42.637 pasukan dari TNI AD, TNI AL dan TNI AU. Tingginya pergerakan pesawat TNI AU yang akan bergabung dalam latihan itu otomatis akan menambah jumlah penerbangan di Bandara Sepinggan Balikpapan. (tribun kaltim/joi)

Sumber : KOMPAS.COM

Berita terkait lainnya :
Kebutuhan BBM Pesawat Butuh 250 KL Avtur per Hari

No comments: